Puluhan Mahasiswa Baru Spesialis dan Magister Ikuti Orientasi di FKG Unhas

oleh -4 views
Fkg Unhas, Maba Spesialis dan Magister
Orientasi Mahasiswa Baru Spesial dan Magister FKG Unhas | Merahnews.com - Humas FKG Unhas

MERAHNEWS.COM | MAKASSAR — Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar kegiatan Orientasi Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) dan S2 Kedokteran Gigi Tahun Ajaran 2020/2021. Kegiatan berlangsung pukul 08.00 WITA secara virtual melalui aplikasi zoom Meeting (23/8/2020).

drg. Zilal Islamy Paramma, Sp.Ort selaku ketua panitia menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kelanjutan dari penerimaan mahasiswa baru PPDGS dan S2 yang diikuti oleh 42 peserta dan berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Ia menambahkan bahwa puluhan peserta orientasi ini diantaranya 6 orang dari PPDGS Prostodonsia, 7 orang dari PPDGS Periodonsia, 6 orang dari PPDGS Konservasi Gigi, 7 orang dari PPDGS Bedah Mulut dan Maksilofasial, 4 orang dari PPDGS Ortodonti dan 12 orang dari prodi S2/Megister Kedokteran Gigi.

Kegiatan secara resmi dibuka oleh Dekan FKG Unhas drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K). Dalam sambutannya, drg. Ruslin mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa baru yang akan menempuh pendidikan di FKG Unhas.

Pada kesempatan tersebut, drg. Ruslin juga menyampaikan proses pembelajaran dan tanggung jawab akademik yang harus dilakukan oleh mahasiswa selama menjalankan pendidikan.

Lebih lanjut drg. Ruslin menjelaskan tentang pentingnya untuk menulis dan mempublish yang menjadi salah satu standar untuk mengembangkan kemampuan profesional.

“Kami harapkan kepada mahasiswa semua setelah menyelesaikan pendidikan, teman-teman semua bisa menulis artikel dan mempublishnya, mungkin ada hal baru yang ditemukan dalam pelayanan di Rumah Sakit sehingga bagi teman sejawat yang membacanya bisa menjadi lesson learning bahkan bisa menjadi rujukan ”, ujarnya.

Dengan semangat yang kalian miliki, kata Dekan FKG Unhas, pihaknya yakin bahwa mahasiswa baru spesialis dan magister mampu mengangkat harkat dan martabat profesi dokter gigi dan mampu menunjukan kualitas profesi dokter gigi untuk berkontribusi nyata kepada masyarakat’’, tutupnya

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi berturut – turut dari Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Inovasi Prof. Dr. drg. Edy Machmud., Sp.Pros(K) tentang arah dan kebijakan kurikulum PPDGS dan S2 FKG Unhas, Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sumber Daya Dr. drg. Nurlindah Hamrun, M.Kes tentang Sistem pembiayaan dan kebijakan fasilitas PPDGS dan S2 FKG Unhas, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Riset Dr. drg. Eddy Heriyanto Habar, Sp.Ort(K) tentang PPDGS dan S2 dalam perspektif bidang kemahasiswaan, Direktur RSGMP Unhas yang juga KPS Bedah Mulut dan Maksilofasial drg. Andi Tajrin, M.Kes., Sp.BM(K) tentang pelayanan spesialis dan pedoman penyelenggara PPDGS, Ketua Gugus Penjaminan Mutu Prof. Dr. drg. Asmawati, M.Kes tentang Monitoring dan evaluasi proses pembelajaran di PPDGS dan S2 FKG Unhas.

Pemaparan materi berikutnya tentang Pedoman penyelenggaraaan PPDGS dan S2 FKG Unhas datang dari masing-masing Ketua Program Studi diantaranya Prof. Dr. drg. Sri Oktawati, Sp.Perio(K) (KPS Periodontologi)., drg. Christine Anastasia Rovani., Sp.KG(K) (PPDGS Konservasi Gigi)., drg. Irfan Dammar, Sp.Pros(K) (KPS Prostodonsi)., drg. Ardiansyah S Pawinru, Sp.Ort(K) (KPS Ortodonti) dan drg. Fuad Husain Akbar, M.Kes., Ph.D (KPS S2). MERAHNEWS.COM |MAJID ASINU/ NAHDAH.