FKG Unhas Gelar Konferensi Internasional ICOBTD Ke-4

oleh -0 views
FKG Unhas Gelar Konferensi Internasional ICOBTD Ke-4

MERAHNEWS.COM | MAKASSAR — Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin menyelenggarakan konferensi internasional bertajuk The 4th International Conference on Biophysical Technology in Dentistry. Konferensi tahun ini mengangkat tema “Welcoming New Normal in Dentistry During and After Pandemic: From Dental Research To Dental Practice”.

Kegiatan berlangsung pukul 09.30 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming di kanal youtube FKG Unhas, Kamis (27/8/20).

Kegiatan menghadirkan 14 narasumber baik internasional, nasional, dan pihak Universitas Hasanuddin. Para nara sumber antara lain: Prof. Yung-Kang Shen (Taipei Medical University, Taiwan), Aisha A. Hussein Al Jamaei, DDS., M. Sc., Ph.D (Sana’a University, Yemen), dr. Erlina Burhan, M.Sc., Ph.D., Sp.P (K) (Universitas Indonesia) dan drg. Acing Habibie, Ph.D., Sp.Pros (Universitas Hasanuddin).

Mengawali kegiatan, drg. Al’ Qarama Mahardhika Thalib mewakili ketua panitia menyampaikan terima kasih atas kehadiran nara sumber dan peserta. Meskipun ditengah pandemi, produktivitas pengembangan akademik diupayakan untuk terus dilakukan.

“Kegiatan ini menghadirkan nara sumber dari berbagai level, baik internasional, nasional dan dari Unhas. Kami berharap, melalui kegiatan ini ada informasi baru yang didapatkan terkait bagaimana bidang kedokteran gigi selama dan paska pandemi ini,” jelas Qarama.

Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Unhas, drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K)., menuturkan konferensi ini merupakan konferensi ICoBDT pertama yang diselenggarakan secara virtual. Hal ini untuk merespon situasi pandemi Covid-19 yang membatasi ruang pertemuan secara fisik dalam jumlah yang banyak.

“Kami juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kontribusi pimpinan Universitas untuk mensukseskan kegiatan ICoBDT dan mohon maaf jika dalam implementasi kegiatan ada yang kurang berkenan. Semoga kegiatan ini memberikan kontribusi untuk memperbaharui ilmu dan informasi pendidikan seluruh partisipan,” jelas drg. Ruslin.

Kegiatan resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Unhas, Prof. dr. Narsum Massi, Ph.D. Dalam sambutannya, Prof Nasrum menegaskan bahwa pimpinan universitas konsisten mendukung kegiatan akademik, terutama yang dilakukan secara kolaboratif.

“Kami berharap kolaborasi seperti ini akan terus dilakukan. Saat ini Unhas terus meningkatkan reputasinya di dunia internasional dengan berbagai kegiatan. Misalnya saja mendorong partisipasi dari semua departemen maupun fakultas untuk melakukan kegiatan yang melibatkan banyak pihak,” jelas Prof Nasrum.

Usai pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan mendengarkan pemaparan materi dari para narasumber. Pemaparan diawali oleh Prof. Kanchu TEI (Departemen Sains Patologikal, Universitas Hokkaido, Jepang) tentang “Influence of Covid-19 in Dental Education and Practice in Japan” yang secara umum menjelaskan proses akademik selama masa pandemi Covid-19 di Universitas Hokkaido.

Kegiatan ini dijadwalkan akan berlangsung hingga Sabtu (29/08). Untuk hari pertama, kegiatan berlangsung hingga pukul 17.00 Wita. Merahnews.com | MIR /Nahdah