Unhas Lepas 710 Mahasiswa KKN Profesi Kesehatan Unhas Angkatan 59 Secara Virtual

oleh -0 views

MERAHNEWS.COM | MAKASSAR — Universitas Hasanuddin secara resmi melepaskan 710 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Profesi Kesehatan (KKN-PK) Angkatan ke-59. Pelepasan tersebut berlangsung pukul 13.30 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (23/6/2020).

Ketua Pelaksana KKN Profesi Kesehatan, dr. Irwin Aras, M. Epid.,M.MedEd., menjelaskan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk KKN ditengah pandemi Covid-19 merupakan implementasi dari tanggung jawab universitas agar tetap melakukan proses pembelajaran dan pengabdian masyarakat.

“KKN-PK masih tetap berlangsung dan tentunya akan tercatat dalam sejarah karena untuk pertama kalinya kita laksanakan secara daring. Tetap kita lakukan meskipun dalam implementasinya dilakukan secara virtual sebab hal ini adalah amanah yang tercantum dalam visi Unhas,” jelas dr. Irwin.

KKN-PK angkatan 59 diikuti oleh 710 mahasiswa Unhas yang berasal dari 5 fakultas lingkup kesehatan. Jumlah mahasiswa terbanyak berasal dari Fakultas Kedokteran. Sebanyak 250 dari jumlah mahasiswa KKN-PK berada di kota Makassar, selebihnya tersebar di seluruh Indonesia dan Malaysia.

“Tahun ini kegiatan KKN sangat unik, karena program kerja berlangsung secara daring. Mahasiswanya sebagian di Makassar selebihnya tersebar di seluruh Indonesia bahkan di luar negeri. Namun, dalam kegiatan ini mahasiswa akan mendampingi masyarakat di Makassar, memberikan edukasi terkait penanganan Covid-19 dan masalah kesehatan lainnya selama kurang lebih empat pekan,” sambung dr. Irwin.

Mahasiswa KKN-PK secara resmi dilepas oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof. drg. A. Arsunan Arsin, M. Kes. Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi semangat dan komitmen mahasiswa Unhas yang ingin berperan dalam menekan laju penyebaran Covid-19 melalui edukasi kepada masyarakat.

Di Unhas sendiri, pihak universitas mengupayakan untuk tetap melakukan beberapa kegiatan mendesak meskipun dilaksanakan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

“Ini menjadi wadah mahasiswa untuk membagi ilmu pengetahuan yang telah didapatkan, terutama bagi mahasiswa ilmu kesehatan. Unhas berharap agar para mahasiswa menjadi perpanjangan tangan kampus dalam memberikan pengetahuan dan pendampingan, agar masyarakat tidak khawatir di tengah pandemi seperti saat ini,” jelas Prof Arsunan.

Pj. Walikota Makassar, Prof. Dr. Ir. Yusran., M. Si., IPU., menerima secara resmi mahasiswa KKN-PK Unhas Angkatan Ke-59.

Dalam sambutan penerimaan secara daring, beliau menyampaikan terima kasih atas dukungan dan bantuan Unhas dengan melibatkan mahasiswa untuk bersama-sama memberikan pendampingan kepada masyarakat Makassar terkait Covid-19.

Saat ini, pemerintah Kota Makassar terus berupaya melakukan berbagai langkah strategis untuk mempercepat penurunan angka penularan Covid-19.

“Terima kasih karena membantu pemerintah mengedukasi masyarakat. Saya percaya, meskipun pendekatan program kerja dilakukan nantinya secara daring, namun ini memiliki segmentasi tersendiri dalam membantu kami. Harapan saya, mahasiswa bisa menciptakan inovasi baru termasuk model edukasi kepada masyarakat sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19,” jelas Prof Yusran.

KKN Profesi Kesehatan Unhas angkatan ke-59 merupakan upaya terpadu dengan melibatkan masyarakat melalui pendekatan keluarga secara online, mengorganisasi diri dalam membuat perencanaan dan tindakan secara kolektif untuk mengendalikan Covid-19 sesuai kemampuan dan sumber daya yang dimiliki.

Dalam pelaksanaannya, mahasiswa KKN-PK Unhas akan melakukan pendampingan secara daring bagi 611 kepala keluarga di Kota Makassar yang sebelumnya telah dilakukan pendataan.

Program kerja tidak hanya terpaku pada pengendalian Covid-19, tetapi program kesehatan lainnya sesuai kebutuhan keluarga yang mendapat pendampingan misalnya masalah gizi, masalah gigi, dan beberapa permasalahan kesehatan lainnya.

Pelepasan 710 mahasiswa KKN-PK Unhas angkatan 59 berlangsung hikmat dan lancar hingga berakhirnya acara pukul 14.30 Wita.MERAHNEWS.COM | MIR/MM