FKG Unhas Gelar Yudisium Periode Juni 2020 Secara Virtual

oleh -0 views

MERAHNEWS.COM | MAKASSAR — Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali menggelar yudisium periode IV bulan Juni 2020. Kegiatan Yudisium ini berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming di kanal youtube FKG Unhas, Senin (22/6/2020) pukul 09.00 Wita.

FKG Unhas berhasil meluluskan 8 (delapan) orang Spesialis Prostodonsia (Sp.Pros), dan 6 (enam) orang Sarjana Kedokteran Gigi (S.KG).

drg. Acing Habibie Mude, Ph.D., Sp. Pros menjadi wisudawan terbaik pada Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (Sp.) dengan IPK 3,99 predikat kelulusan Cum Laude dan Abdih Kudrati Hendra, S.KG menjadi wisudawan terbaik pada Program Pendidikan Sarjana (S1) dengan IPK 3,39 predikat kelulusan Sangat Memuaskan.

Untuk wisuda periode Juni Universitas Hasanuddin, FKG Unnhas mengikutkan 8 (delapan) orang Spesialis Prostodonsia (Sp.Pros) dan 14 (empat belas) orang Sarjana Kedokteran Gigi (S.KG).

Dekan FKG Unhas drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K) menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan para wisudawan menyelesaikan studi di FKG Unhas.

“Walaupun kita lakukan secara virtual semoga makna kegiatan tidak berkurang. Kami berharap, para alumni berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat sesuai ilmu yang telah didapatkan. Tetap menjaga nama baik almamater dan menjadi kebanggaan Unhas, bangsa dan negara,” jelas drg. Ruslin.

Lebih lanjut, drg. Ruslin menyampaikan bahwa pada saat ini tidak ada peserta yudisium Dokter Gigi, karena tertundanya pelaksanaan UKMP2DG akibat Covid-19. Insya Allah pelaksanaan UKMP2DG dijadwalkan tanggal 9 Agustus 2020 yang akan datang.

“Sampai saat ini alumni Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin telah mencapai 2.667 orang dengan rincian Dokter Gigi 2.545 orang dan Dokter Gigi Spesialis sebanyak 122 orang”, tambahnya

“Khususnya bagi anak-anakku sekalian, ujian yang sesungguhnya bukan pada saat anda ujian waktu menempuh pembelajaran di FKG Unhas, tapi yang sesungguhnya adalah pada saat kalian terjun ke masyarakat untuk menerapkan ilmu yang Anda peroleh. Banyak tantangan yang memerlukan kemampuan pengetahuan, keterampilan, kesabaran dan kreatifitas serta inovasi untuk meraih kesuksesan dan dalam memperoleh kualitas hidup yang lebih baik,” tutupnya.

FKG Unhas Menggelar Yudisium Periode Juni 2020 secara Virtual | Merahnews.com – Abd. Majid

Pada kesempatan yang sama, Ketua IKA FKG Unhas, drg. Hj. St. Hasnah Syam, MARS., menambahkan bahwa proses yudisium secara virtual merupakan bagian dari perjalanan hidup yang dapat dikenang oleh para wisudawan. Beliau juga mengingatkan kepada wisudawan terkait fase baru yang akan dilewati oleh para wisudawan setelah menyandang predikat pendidikan yang baru.

“Saat jadi mahasiswa, fase yang dilewati dengan belajar kemudian ujian dulu untuk memperoleh nilai. Namun, kondisi setelah lulus tentu berbeda. Dalam kondisi nyata, kita dihadapkan dulu dengan ujian, dari ujian itulah kita mendapatkan pembelajaran,” ujar drg. Hasnah.

drg. Hasnah yang juga Anggota DPR RI ini mengajak semua alumni FKG Unhas ikut berperan dan memiliki komitmen untuk berkontribusi dalam peningkatan kesehatan masyarakat Indonesia dengan mengabdikan diri kepada masyarakat melalui karya nyata yang memberikan manfaat bersama.

“Selamat bergabung dalam wadah Ikatan Alumni FKG, semoga kita menjadi manusia yang berguna dan bermanfaat. Mari persiapkan diri terjun ke masyarakat. Yudisium langkah awal, beruntunglah kalian menjadi lulusan FKG Unhas yang dibekali ilmu pengetahuan, keterampilan, sikap yang baik, kecerdasan spiritual dan emosional serta jiwa berkompetisi secara sehat,” tutupnya.

Acara yang berlangsung hingga pukul 11.00 WITA ini turut dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Inovasi Prof. Dr. drg. Edy Machmud., Sp.Pros(K), Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sumber Daya Dr. drg. Nurlindah Hamrun, M.Kes, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Riset Dr. drg. Eddy Heriyanto Habar, Sp.Ort(K), Ketua dan Sekretaris Senat, Para Guru Besar, serta Civitas Akademika FKG Unhas. MERAHNEWS.COM | ABD. MAJID ASINU.