Lawa Bale Makanan Khas Kabupaten Wajo Yang Banyak Digandrungi

oleh -45 views
Lawa Bale (Ikan) . merahnews.com | jelajahnusae.com

MERAHNEWS.COM | Sengkang – Lawa Bale atau lawa ikan merupakan salah satu makanan khas Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan. Makanan khas ini berbahan dasar Ikan mentah segar seperti Ikan Nila, ikan kande, ikan doyo dan ikan cambang yang diambil langsung dari Danau Tempe Kota Sengkang.

Lawa ikan bisa dipadukan dengan Kelapa parut yang dibakar menggunakan arang ataupun pisang batu muda yang akan menciptakan rasa gurih. Sekali coba pasti mau lagi.

Makanan Khas ini bisa dijumpai di acara perkawinan, saat ramadhan tiba ataupun di acara-acara tertentu. Masyarakat bisa membuatnya sendiri dikarenakan makanan ini telah mendarah daging di masyarakat Wajo.Tidak lengkap rasanya hidangan yang di suguhkan kepada tamu pada acara-acara tertentu apabila tidak dilengkapi dengan lawa bale.

Masyarakat Sengkang dan sekitarnya banyak menyamakan makanan ini dengan Makanan Sushi yang ada di negara Jepang karena berbahan dasar ikan segar dan dimakan dalam keadaan masih mentah. Lawa Bale itu ibarat  Sushi versi Bugis.

Makanan satu ini cukup mudah dibuat. Kita hanya perlu menyiapkan sekitar 250 gram ikan Kande yang telah dicuci bersih dan dipisahkan tulang dan kepalanya lalu dipotong kecil-kecil, 2 buah jeruk nipis untuk menghilangkan amis dari ikan, Kelapa parut yang sudah sedikit dibakar dengan arang agar menciptkan wangi dari kelapa tersebut, Cabai rawit sesuai selera, belimbing wuluh. Haluskan cabai rawit dan garam lalu campur ikan dan diamkan sekitar 15 menit. Terakhir,  masukkan potongan Belimbing wuluh dan kelapa parut. Aduk sampai rata dan lawa bale siap untuk dihidangkan. Merahnews.com | Nurhaliah / Hajrawati