Pendaftaran Kartu Prakerja Dibuka, Begini Cara Daftarnya.

oleh -27 views
Menteri Ketenagakerjaan Dra. Hj. Ida Fauziyah, M.Si. Merahnews.com | Sumber : Instagram Resmi Kementrian Ketenagakerjaan

MERAHNEWS.COM | JAKARTA — Setelah dibukanya pendaftaran untuk kartu prakerja, Kementrian Ketenagakerjaan melalui akun sosial media instagram merilis cara pedaftaran kartu prakerja tersebut. Pendaftaran kartu prakerja ini dilaksanakan secara online melalui situs resmi www.prakerja.go.id . Pendaftaran ini terbagi menjadi 3 tahap dan diakhiri dengan pendaftar mengikuti tes online.

Pendaftaran ini akan dimulai dengan tahap pertama yaitu membuat akun Praker. Cara membuat akun Prakerja adalah: (1). Masuk www.prakerja.go.id dan pilih “Daftar Sekarang “. Setelah itu (2). Masukkan nama lengkap, alamat email, dan password baru kamu. Kemudian (3). Cek email dari kartu prakerja kemudian ikuti petunjuk untuk konfirmasi ke akun email. Dan (4). Setelah konfirmasi email berhasil, kembali ke situs kartu Prakerja.

Selanjutnya pada tahap yang kedua para pendaftar akan mengisi data diri mereka . Dengan memasukkan akun mereka di situs Prakerja tadi, kemudian para pendaftar mengisi data diri yang di minta. Selanjutnya para pendaftar diminta untuk mengupload foto ktp dan foto selfie bersama ktp. Setelah itu masukkan nomor ktp dan nomor telepon. Kemudian masukkan kode OTP yang dikirim melalui sms.

Setelah semua itu para pendaftar diharuskan mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar melalui online demi mengikuti istruksi pemerintah untuk melakukan physical distancing. Tes ini akan berlangsung selama 15 menit, dan jangan lupa menyiapkan alat tulis. Saat tes selesai tunggu email pemberitahuan dari kartu prakerja. Setelah menerima email kembali ke situs prakerja dan bergabunglah ke gelombang pendaftaran. Setelah itu anda sudah terdaftar sebagai pemilik kartu prakerja.

Postingan Kementrian Ketenagakejaan pada instagram resminya. Merahnews.com | Sumber : Instagram Resmi Kementrian Ketenagakerjaan

Kartu prakerja adalah program oeningkatan komoetensi kerja yang diberikan dalam bentuk pembiayaan pelatihan dan intensif pasca pelatihan. Setiap peserta hanya dapat menerima bantuan ini hanya sekali seumur hidup. Batuan katru prakerja akan diberikan dalam 8 kali dalam bentuk biaya pelatihan sebilai Rp 1.000.000 sebanyak 1 kali, intensif pasca pelatihan senilai Rp 600.000 sebanyak 4 kali, dan intersif survey kebekerjaan senilai Rp 50.000 sebanyak 3 kali.

Melalui keterangan persnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Dr.Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A, M.M.T mengatakan bahwa “Syarat peserta program Kartu Prakerja adalah yang berusia diatas 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.”

Setiap minggunya dari 11 april 2020 hingga minggu ke-4 November akan dibuka kuota sebanya 164 ribu peserta . Kartu prakerja ini memprioritaskan para pekerja dan para pelaku usaha kecil yang terdampak oleh pandemi Covid-19. Merahnews.com | Fara Madani Almizan