WHO : Jangan Menyemprot Disinfektan Langsung ke Badan

oleh -7 views
Arahan dari WHO untuk tidak menyemprotkan alkohol atau klorin pada tubuh seseorang. Merahnews.com | Akun twitter resmi WHO, Minggu (29/03/20)

MERAHNEWS.COM | JAKARTA — Cairan disinfektan menjadi marak digunakan untuk menangkal Coronavirus Disease atau virus COVID-19, bahkan dijadikan dalam bentuk bilik atau chamber. Padahal World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia melarang untuk menyemprotkan disinfektan langsung ke badan seseorang.

Bahan kimia yang pada umumnya terdapat dalam disinfektan seperti alkohol atau klorin jika disemprotkan tidak dapat membunuh virus yang sudah masuk ke dalam tubuh bahkan bisa membahayakan.

“Menyemprotkan bahan-bahan kimia seperti itu dapat membahayakan jika terkena pakaian atau selaput lendir, contohnya mata dan mulut,” cuitan dari akun twitter resmi WHO Indonesia, Minggu (29/3/20).

WHO menghimbau agar menggunakan disinfektan hanya pada permukaan benda dan digunakan sesuai dengan petunjuk penggunaannya.

Untuk saat ini, solusi aman untuk pencegahan pemaparan virus COVID-19 sesuai rekomendasi WHO adalah dengan cuci tangan menggunakan sabun (minimal 20 detik), mandi dan mengganti pakaian setelah melakukan aktivitas dari luar atau dari tempat yang terinfeksi tinggi, serta menerapkan physical distancing (minimal 1 meter). Merahnews.com | Nur Kurniawati M. / Zhafirah Amalia