Isolasi Dusun Labungnge Berakhir, ODP di Barru Sisa 32 hingga Hari ini

oleh -13 views
dr.Amis selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Baruu sedang menjelaskan hasil pantauan terhadap situasi Covid-19. Sumber : barrukab.go.id

MERAHNEWS.COM | BARRU- Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Barru, mengalami penurunan hingga Senin (30/03/2020). Dari jumlah awal 74 orang, kini sisa 32.

Selama dua pekan terakhir, tercatat ada 42 yang dinyatakan selesai menjalani pemantauan dan isolasi mandiri dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Barru.

“Hari ini, ODP di Barru itu sisa 32. Ada 21 lagi yang sudah menjalani masa pemantauan, dan kondisi kesehatannya baik,” ujar dr. Amis dikutip dari laman resmi pemerintah kabupaten Barru (barrukab.go.id).

Saat menyampaikan keterangan resmi ke sejumlah wartawan, Wakil Bupati Barru Nasruddin AM nampak hadir sekaligus memantau. Termasuk Ketua Tim Gugus Tugas, Abustan, Kepala BPKAD Abubakar, Kadis Sat Pol PP Sabirin, Kabag Ops Andi Sunra, Danramil Barru, Billahi.

dr Amis menambahkan, khusus di Dusun Labungnge yang sempat diisolir pasca-ada 7 warga yang masuk ODP, kini dibuka kembali. Apalagi kondisi kesehatan warga yang diketahui pernah berinteraksi dengan korban meninggal akibat Corona di Makassar, kondisi kesehatannya normal.

“Di Labungnge tidak ada lagi ODP. Masa isolasi juga kita sudah buka kembali mulai hari ini. Tapi tetap kita minta untuk terus jaga kesehatan, dan menghindari dulu beraktivitas di luar,” kata dr. Amis yang merupakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barru .

Sebelumnya Dusun Labungnge diisolasi oleh Pemkab Barru setelah ada tujuh warga yang bermukim di wilayah ini pernah berinteraksi dengan salah satu korban meninggal akibat Corona di Makassar. Warga tersebut sempat dimasukkan dalam Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Demi menghindari dan mengantisipasi penyebaran, Pemkab menempuh kebijakan dengan melakukan isolasi atau karantina mandiri bagi semua warga di dusun tersebut. Termasuk para pekerja PLTU yang di wilayah ini.

Akses keluar-masuk pun juga ditutup. Begitu pun selama masa isolasi, Pemkab menanggung kebutuhan sehari-hari warga. Seperti menyalurkan bantuan paket sembako ke masing-masing kepala rumah tangga.

Selama masa isolasi, Pemkab telah melalukan pemeriksaan kesehatan atau screening kepada semua warga, terutama kepada 7 warga yang masuk ODP. Termasuk melakukan penyemprotan disinfektan di rumah 7 warga tersebut.

Dengan dibukanya kembali Dusun Labungnge, maka status beberapa warga yang sempat menjalani pemantauan, kini tidak dimasukkan lagi dalam ODP. MERAHNEWS.COM | MUHAMMAD ALFAYED / ERIZAL ZHAFRAN