Presiden Instruksikan Realokasi Dana APBN dan APBD Untuk Penanganan Covid-19

oleh -6 views
Presiden Joko Widodo Saat Melakukan Telekonferensi Terkait Inpres Nomor 4 Tahun 2020

MERAHNEWS.COM | JAKARTA – Intruksi presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2020 menjadi landasan realokasi anggaran negara untuk dialihkan pada penanganan virus corona. Presiden menyampaikan instruksi tersebut melalui telekonferensi Istana Merdeka, Jakarta, pada hari Selasa, 24 Maret 2020. Presiden meminta kepada jajaran pemerintahan untuk meninjau kembali APBN dan APBD dalam rangka memprioritaskan penindakan wabah virus corona.

“Landasan hukumnya sudah jelas. Minggu yang lalu hari Jumat tanggal 20 Maret 2020 telah saya tanda tangani Inpres Nomor 4 Tahun 2020. Sekali lagi, bukan hanya penanganan kesehatan untuk masyarakat, tetapi juga untuk penanganan dampak ekonomi masyarakat lewat bantuan-bantuan sosial”. Ucapnya yang dikutip melalui laman resmi presidenri.go.id

Seiring dengan penandatangan Inpres Nomor 4 Tahun 2020, presiden menekankan untuk memfokuskan kegiatan pada penanganan Covid-19.

“Anggaran-anggaran perjalanan dinas, pertemuan-pertemuan, belanja-belanja lain yang tidak dirasakan langsung oleh masyarakat segera dipangkas karena kondisi fiskal kita sekarang ini bukan sebuah kondisi yang enteng”. Imbuh Presiden.

Pengadaan barang dan jasa juga akan menjadi perhatian utama dalam rangka cepat tanggap pandemi corona. Presiden menegaskan agar hal tersebut dipercepat dan akan dipermudah aksesnya sesuai dengan Undang-Undang Penanggulangan Bencana dan aturan turunannya. Oleh karena itu kementerian dan lembaga-lembaga pemerintah diminta untuk segera merevisi anggaran dan mengajukannya pada Menteri Keuangan. MERAHNEWS.COM | ASSA JAUZA