Peringati Hari Tuberkulosis Sedunia, WHO Ajak Semua Orang Berkomitmen untuk Akhiri Tuberkulosis

oleh -5 views
Materi Kampanye Hari TB Sedunia 2020 yang dapat didownload melalui laman resmi WHO (who.int), Selasa (24/03/2020) | Merahnews.com - who.int

MERAHNEWS.COM | JENEWA, SWISS — Hari Tuberkulosis (TB) sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 24 Maret. Pada peringatan Hari TB sedunia, World Health Organizataion (WHO) mengangkat tema “it’s time” dengan mengajak semua orang berkomitmen untuk bersama-sama mengakhiri TB.

WHO lewat laman resminya who.int, Selasa (24/03/2020) menyampaikan bahwa WHO dengan tema “it’s time” menyatakan untuk bertindak berdasarkan komitmen yang dibuat oleh para pemimpin global diantaranya yaitu , meningkatkan akses pencegahan dan perawatan, membangun akuntabilitas, memastikan biaya yang memadai dan berkelanjutan termasuk untuk penelitian, mengakhiri stigma dan diskriminasi serta menyampaikan tanggapan yang adil tentang TB, dengan memerhatikan hak dan berfokus pada orang.

Komitmen tersebut muncul saat perkumpulan kepala negara pada Pertemuan Tingkat Tinggi Persatuan Bangsa–Bangsa (PBB) pada tahun 2018 tentang TB yang ingin direalisasikan di tingkat nasional dan lokal.

Tuberkulosis menjadi penyakit menular yang paling mematikan di dunia. Setiap hari, lebih dari 4000 orang kehilangan nyawa karena TB. Meskipun penyakit ini bisa dicegah dan disembuhkan namun penyakit ini dapat membuat hampir 30.000 orang jatuh sakit. Upaya global untuk memerangi TB telah menyelamatkan sekitar 58 juta jiwa sejak tahun 2000.

WHO telah meluncurkan inisiatif “Find.Treat. All. #EndTB” dengan Global Fund dan Stop TB Partnership dengan tujuan untuk mempercepat respon TB dan memastikan akses perawatan, yang sejalan dengan WHO yaitu menuju Universal Health Coverage. Merahnews.com | Zhafirah Amalia