Isolasi Pasien Covid-19, RS Pelamonia Makassar Dirikan 24 Tenda di Halaman

oleh -26 views
Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen Andi Sumagerukka bersama jajarannya saat mengecek tenda darurat untuk pasien Covid-19 diC RS TK II Pelamonia Makassar, Selasa (24/3/2020). Merahnews.com | Humas kemenhan sulsel.

Sebanyak 24 tenda darurat didirikan di halaman Rumah Sakit TK II Pelamonia Makassar untuk merawat pasien yang terpapar virus corona ( Covid-19) di wilayah Makassar.

RS TK II Pelamonia memang baru-baru ini ditunjuk pemerintah provinsi Sulawesi Selatan sebagai salah satu rujukan untuk menangani pasien Covid-19.

Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen Andi Sumagerukka mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah menangani 5 pasien yang masuk kategori orang dalam pemantauan (ODP).

Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen Andi Sumagerukka bersama jajarannya sedang wawancara dengan para jurnalis media. Makassar, Selasa (24/3/2020). Merahnews.com | Humas kemenhan sulsel

“Pasien yang dirawat sedang diobservasi. Ada empat tingkatan yaitu, ODP, PDP, suspect, dan confirm (terkonfirmasi).Untuk saat ini mereka masih kita anggap ODP, totalnya ada 5 orang. Tenaga medis kita siapkan ada dua dokter spesialis paru dan lima penyakit dalam” kata Sumagerukka yang dikutip dari laman resmi pemerintah kota Makassar Makassar.go.id, Selasa (24/3/2020).

Terkait persediaan alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis, Sumagerukka mengatakan bahwa sejauh ini masih mencukupi. Dia menyebut, jumlah APD di rumah sakit tersebut berjumlah 50 buah. Sementara RS Pelamonia menyiapkan dua dokter spesialis paru dan 5 dokter penyakit dalam untuk menangani pasien yang memeriksakan dirinya terkait virus Covid-19. Selain 24 tenda isolasi, Sumagerukka juga mengatakan, ada 2 ruangan IGD dan 12 ruangan Aster untuk menangani pasien dengan gejala virus corona.

“Jadi, pada initnya kita siap untuk melayani. Jumlah pasien bisa ditampung kapasitas sekitar 38. Dua di IGD, isolasi tenda sekitar 24, di ruangan aster kita siapkan 12 kamar,” tutur Sumagerukka. MERAHNEWS | MUHAMAD INDRA IRAWAN