Achmad Yurianto: Pemerintah Akan Lakukan Pemeriksaan Tes Corona Massal

oleh -0 views
Konferensi Pers yang dilakukan dr. Achmad Yurianto mengenai pemeriksaan tes Corona secara massal. Kamis (19/3/2020). Merahnews.com | covid.co.id

MERAHNEWS.COM | JAKARTA –
Jubir Pemerintah untuk Covid-19 dr. Achmad Yurianto mengatakan Pemerintah dalam waktu dekat akan melaksanakan pemeriksaan Covid-19 secara massal. Tes tersebut dilakukan melalui Rapid Test atau pemeriksaan imuniglobulin sebagai skrining awal.

”Menggunakan pemeriksaan imunoglobulin sebagai upaya tes skrining awal dan bisa dilaksanakan secara massal adalah sebuah keputusan yang baik,” kata Achmad pada Konferensi Pers di Gedung Badan BNPB, Kamis (19/3/2020).

Informasi yang dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan RI menyebutkan , Tes tersebut dilakukan melalui Rapid Test atau pemeriksaan imuniglobulin sebagai skrining awal. Rapid test ini dilakukan dengan mengambil sampel darah dari pasien karena lebih cepat dan lebih akurat untuk identifkasi Covid-19. Pemerintah saat ini juga sedang menyiapkan seluruh keperluan, termasuk alat dan tempat skrining massal ini.

“Jika ditemukan kasus positif tetapi tanpa gejala atau gejala ringan. Maka orang tersebut diimbau untuk melakukan self isolation dan dilakukan pengecekan kesehatan,” ujar dr. Achmad Yurianto.
MERAHNEWS.COM | NURUL HUDAYAH HAMID/MUH IRHAM ABYANSYAH