Krisis Informasi tentang Corona, Pemerintah Luncurkan Situs Covid-19

oleh -1 views
Situs resmi pencarian informasi mengenai Virus Corona (Covid-19) yang diluncurkan Pemerintah. Rabu (18/3/2020). Merahnews.com | Dok. Kominfo

MERAHNEWS.COM | JAKARTA — Krisisnya informasi mengenai Virus Corona yang kini menjadi pandemi global, Pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona (Covid-19) meluncurkan situs www.covid19.go.id yang ditetapkan sebagai sumber pencarian informasi resmi dalam penanggulangan Virus Corona pada Rabu (18/3/2020).

Pemerintah berharap dengan adanya situs ini, masyarakat dapat merujuk pada satu sumber infomasi tentang penanganan Virus Corona dan bagaimana mengendalikannya.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, dimasyarakat telah banyak beredar informasi yang dinilai tidak akurat saat ini, “kami menyadari, masyarakat butuh akses pada informasi akurat, cepat, dan terpercaya. Untuk itulah mengapa situs www.covid19.go.id ini dibuat agar bisa menjadi sumber informasi resmi satu pintu” ujar Doni Monardo di Jakarta Sebagaimana dikutip dari laman resmi Kominfo.go.id.

Lebih Lanjut, Doni Monardo mengatakan situs ini bukan hanya sebagai sumber rujukan informasi, melainkan menekankan pada pesan utama pada masyarakat untuk melindungi diri dan melindungi sesama. “Pesan utama Lindungi Diri, Lindungi Sesama di situs ini menjadi pengingat kita, agar seluruh rakyat Indonesia bersatu, bekerja sama gotong royong menghadapai COVID-19,” ujar Doni Monardo.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo. Merahnews.com | Dok. BNPB

Situs yang diluncurkan tersebut memuat infomasi penting mengenai tiga langkah yang dilakukan masyarakat yaitu cara mengurangi resiko penularan, cari informasi yang benar dan apa dilakukan bila sakit. “Data Statistik mengenai jumlah kasus positif Covid-19 diperbarui secara real-time dan diharapkan menjadi acuan untuk berbagai pihak terutama rekan-rekan media dalam pemberitaannya,” ujarnya.

Kesempatan kali ini, Doni Monardo dan rekan-rekannya menerangkan akan berkomitmen memberikan informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan pada masyarakat. Sebab, perilaku dan pengetahuan yang tepat menjadi elemen penting dalam melawan penyebaran virus ini. MERAHNEWS.COM | MUH IRHAM ABYANSYAH / ERIZAL ZHAFRAN EDISON M.