Kominfo Siapkan Literasi Digital Siberkreasi dan Digital Technopreneur secara Daring untuk Layani Masyarakat Belajar dari Rumah

oleh -4 views
Kepala Badan Litbang SDM Kementrian Kominfo, Basuki Yusuf Iskandar (Tengah), Dirjen Aplikasi Informasi Samuel Abrinani Pangerapan (kanan), dan Ketua Siberkreasi Yosi Makalau (kiri) dalam Konferensi Pers mengenai Program Unggulan Kementerian Kominfo yang dapat diakses secara daring di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (18/03/2020)

Untuk menghadirkan pilihan aktivitas produktif bagi masyarakat yang dapat dilakukan dari rumah, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan berbagai program unggulan yakni Literasi Digital Siberkreasi dan Digital Technopreneur yang dapat diakses secara daring secara gratis.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan menyatakan Kementerian Kominfo tetap menjalankan Program Gerakan Literasi Digital bersama Siberkreasi dan Digital Technopreneurship secara daring.

Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi sebagai gerakan yang beranggotakan 106 lembaga dan komunitas di Indonesia yang memiliki visi untuk melakukan edukasi literasi digital dan mempersiapkan masyarakat untuk memasuki era digital. Fokus utamanya adalah mendorong produksi konten positif dan menekan persebaran konten negatif di Internet.

“Gerakan Literasi Digital sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kecakapan digital dan pencegahan terhadap konten negatif, terutama penyebaran hoaks, ujaran kebencian, perudungan siber, dan sebagainya,” ujarnya dalam Konferensi Pers mengenai Program Unggulan Kementerian Kominfo yang dapat diakses secara daring di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (18/03/2020).

Menurut Dirjen Aptika, pelaksanaan diskusi interaktif, pelatihan dan penyediaan materi literasi digital dilaksanakan secara online. “Jika selama Ini ada kegiatan tatap muka atau luar jaringan (luring), maka kini bersama Siberkreasi, Kominfo menggelar diskusi dan pelatihan secara daring,” ungkapnya.

Dirjen Semuel menjelaskan Diskusi interaktif akan berlangsung setiap setiap Kamis dan Senin Pukul 19.30 – 20.30 WIB. “Live streaming via youtube @siberkreasi. Melalui Siberkreasi Hangout Online akan diselenggarakan diskusi dengan materi seputar literasi digital secara interaktif,” tuturnya.

Sementara pelatihan Siberkreasi Class Online, School of Influencer Online Meeting, dan Kursus Online akan digelar dengan jadwal yang bisa diakses di siberkreasi.id
“Kami juga menyediakan materi digital secara online yang bisa diakses melalui websiet literasidigital.id dan portal e-learning Pandu Digital. Ada juga podcast Kreator Nongkrong,” tutur Dirjen Aptika sebagaimana dikutip dari laman resmi Kominfo.go.id.

Untuk Program Digital Technopreneur, tahapan yang sedang diselenggarakan yaitu tahapan Inkubasi, juga akan tetap diselenggarakan secara daring. Pada tahapan Inkubasi tersebut, akan ada dua sesi yang dilakukan secara online setiap Sabtu dan Minggu selama 3 minggu berturut-turut di 10 kota.

Proses kegiatan dilakukan dengan Mentor berada di Jakarta (rumah atau coworking space yang ditunjuk) dan tim startup berada di rumah masing-masing atau di coworking space yang ditunjuk dengan jarak +/- 1 meter antar peserta. Untuk mendukung proses tersebut, Tools dan Platform Online disiapkan oleh tim teknis 1000 Startup Digital dan informasinya dapat diakses melalui 1000startupdigital.id.

MERAHNEWS.COM | Nurul Athifah Anggraeni/Nurul Hudayah Hamid