Unhas Miliki Lab Standar Uji Covid-19

oleh -6 views
Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA. | Merahnews.com - Humas Unhas

MERAHNEWS.COM | MAKASSAR – Universitas Hasanuddin (Unhas) ternyata memiliki Laboratorium Standar Bio Safety Level (BSL)- 2 dan (BSL)-3 yang dapat digunakan untuk melakukan uji Covid-19. Hal tersebut terungkap dalam pertemuan dan koordinasi yang berlangsung di ruang kerja Rektor Unhas, Selasa sore (17/3/2020).

Wakil Rektor Unhas Bidang Riset, Inovasi, dan Kemitraan, Prof. dr. Muh. Nasrum Massi, Ph.D, menjelaskan bahwa Unhas memiliki kapasitas yang memadai untuk melakukan uji lab terhadap Covid-19, baik kesiapan sumber daya manusia maupun fasilitas.

“Unhas memiliki lab ex-NECHRI berstandar BSL-2 yang ditempatkan di RS Wahidin. Lab ini dulunya kita gunakan memeriksa SARS. Selain itu, kita juga ada fasilitas Lab HUMRC di Lantai 6 RS Unhas, yang memenuhi standar BSL-3. Kita tinggal melakukan pembenahan dan percepatan proses kontruksi yang kini sudah berjalan, lab ini siap beroperasi,” kata Prof. Nasrum.

Meskipun Unhas memiliki Lab Standar BSL-2 & BSL-3, namun tidak serta merta bisa langsung digunakan untuk uji Covid-19. Alasannya menurut Dekan Fakultas Kedokteran Unhas, Prof.dr. Budu, Ph.D, Sp.M, saat ini, kewenangan melakukan uji Covid-19 hanya ada di Balitbang Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Meskipun ada lembaga yang mampu melakukan uji Covid-19, namun secara legal tidak boleh melakukan pemeriksaan, kecuali ada izin dari Kemenkes,” Ujar Prof. Budu.

Untuk itu Prof Budu mengusulkan perlunya berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) dan melakukan langkah kolaboratif sambil merampungkan kesiapan fasilitas lab agar operasional seratus persen.

“Kita perlu mengajukan izin ke Balitbang Kemenkes, agar diberikan kewenangan melakukan uji Covid-19. Harapannya, begitu izin diberikan, saat itu juga kita siap lakukan pemeriksaan,” kata Prof. Budu.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Prof. dr. Budu, Ph.D, Sp.M. | Merahnews.com – Humas Unhas

Menyikapi usulan tersebut, Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA langsung berkoordinasi dengan Gubernur Sulsel untuk menyampaikan kesiapan Unhas, dan berkolaborasi untuk menenangkan masyarakat. Rektor juga menginstruksikan agar elemen-elemen terkait di Unhas terus bekerja sesuai porsi dan kapasitas masing-masing.

Suasana Ruang Rektor Unhas dalam Pertemuan Koordinasi Terkait Standar Laboratorium Unhas. Selasa (17/3/2020) | Merahnews.com – Humas Unhas

Informasi yang diperoleh dari Hubungan Masyarakat (Humas) Unhas, Ishaq Rahman menyebutkan, untuk dapat melakukan uji Covid-19, standar keamanan lab yang disyaratkan adalah minimal berstandar BSL-2. dan paling tinggi BSL-4. Merahnews.com | Mul / Assa Jauza