Cegah Sebaran Covid-19, Mendikbud Terbitkan SE Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah

oleh -7 views
Mendikbud Nadiem Makarim luncurkan empat kebijakan merdeka belajar dalam rapat koordinasi kebijakan pendidikan tinggi di Gedung D kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Merahnews.com | Kemendikbud

MERAHNEWS.COM | JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim mengeluarkan Surat Edaran (SE) terkait Pembelajaran secara Daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (COVID- 19), Selasa (17/3/20).

Instruksi penanganan tersebut ditujukan kepada Dinas Pendidikan di tingkat provinsi, kabupaten/kota, lembaga layanan pendidikan tinggi, pimpinan pendidikan tinggi dan kepala Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui SE No. 36982 Tahun 2020

Dalam surat edaran tertera 6 instruksi yang harus ditaati satuan pendidikan. Di antaranya, bagi daerah yang sudah terdampak Covid-19 untuk memberlakukan pembelajaran secara daring dari rumah bagi siswa dan mahasiswa serta pegawai, guru, dan dosen melakukan aktivitas bekerja, mengajar atau memberi kuliah dari rumah (Bekerja Dari Rumah/BDR) melalui video conference, digital documents, dan sarana daring lainnya.

Seperti yang tercantum dalam lampiran Surat Edaran tenaga pendidik telah disediakan 6 sarana pembelajaran daring yaitu : Rumah Belajar, Google G Suites for Education, Kelas Pintar, Microsoft Office 365, Quipper School, Sekolah Online Ruang Guru, Sekolahmu dan Zenius.

Surat Edaran tentang pembelajaran daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19)

Nantinya pelaksanaan kegiatan ini tidak mempengaruhi tingkat kehadiran (dipandang sama seperti bekerja di kantor, sekolah, atau perguruan tinggi), tidak mengurangi kinerja, dan tidak mempengaruhi tunjangan kinerja.

Sedang diinstruksi lainnya dijelaskan apabila harus datang ke kantor/kampus/sekolah sebaiknya tidak menggunakan sarana kendaraan (umum) yang bersifat massal. Merahnews.com | Nurlaela Tul Fadillah / Ayu Andira.