Tolak Omnibus Law RUU Cipta Kerja, Mahasiswa Sebabkan Kemacetan di Depan Pintu 1 Unhas

oleh -7 views
Mahasiswa berkumpul di Depan Pintu Satu Universitas Hasanuddin pukul 16.00, Selasa (10/03/2020) | Merahnews.com - Fara Madani Almizan

MERAHNEWS.COM | MAKASSAR – Aksi mahasiswa menolak Omnibus Law menyebabkan kemacetan sepanjang arus Jl. Perintis Kemeredekaan. Aksi ini menyebabkan kemacetan hingga 1 km. Utamanya dari arah Jl. Urip Sumiharjo menuju Jl. Perintis Kemerdekaan.

Kemacetan terparah terjadi di depan pintu satu Universitas Hasanuddin (Unhas) yang menjadi pusat aksi mahasiswa tersebut. Kemacetan ini berlangsung selama dua jam, dari pukul 16.00 hingga pukul 18.00 Wita. Kondisi macet ini makin parah lantaran berlangsung saat jam macet terutama  saat para pekerja kantoran pulang ke rumah.

“Salah ini dipilih jam aksinya, harusnya dia aksi siang bukan sore, karena kan kalau sore itu jam macet . Banyak yang pulang dari kantor ke rumah,” ujar Nooralim Budhijaya, salah satu pengendara yang terjebak macet sore tadi.

Mahasiswa yang menutupi jalan menyebabkan kemacetan, Selasa (10/03/2020) | Merahnews.com – Fara Madani Almizan

Aksi mahasiswa kali ini dilaksanakan dalam rangka penolakan Omnibus Law RUU cipta kerja yang dianggap melenceng dari hak – hak buruh.

Selain itu, Omnibus Law ini juga dianggap tidak relevan dengan hukum indonesia yang cenderung menganut sistem hukum ala Eropa. Sementara Omnibus law menganut sistem ala Amerika.

“DenganOmnibus Law ini akan mempermudah para investor untuk masuk ke Indonesia. Nah dipemudahnya ini dengan menrancang RUU Cipta Kerja yang berkemungkinan akan mencabut hak hak para buruh seperti dihilangkannya Upah Minimum Provinsi (UMR), dan maksimal 8 waktu kerja, dan menurunnya kesejahteraan sosial para buruh,” Ujar Adesya Patulak, Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Hukum, Universitas Hasanuddin.MERAHNEWS.COM | FARA MADANI ALMIZAN