Tolak Omnibus Law, Mahasiswa Unhas Turun ke Jalan

oleh -6 views
Salah satu orator menyampaikan orasinya dalam aksi unjuk rasa yang dilakukan di depan pintu 1 Unhas, (10/3/2020) | Merahnews.com - Ayu Andira

MERAHNEWS.COM | MAKASSAR — Aliansi Unhas Bersatu (AUB) yang diinisiasi oleh Mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) melakukan seruan aksi di depan Pintu 1 Unhas pada pukul 16.00-18.00 WITA (10/3/2020). Seruan aksi ini dilatarbelakangi atas penolakan Omnibus Law Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja. Mahasiswa Fakultas Kehutanan Unhas angkatan 2016, Riska selaku Koordinator Lapangan, menjelaskan bahwa ada sekitar 300 mahasiswa yang ikut andil dalam kegiatan ini.

AUB juga memasang dan membagikan selebaran berisi gambaran tentang Omnibus Law. Dalam selebaran itu dijelaskan bahwa Omnibus Law RUU Cipta Kerja adalah produk regulasi bentukan pemerintah RI yang bertujuan agar terciptanya iklim investasi yang mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan cara memangkas, menyederhanakan, dan menyelaraskan regulasi yang menghambat masuknya investor di Indonesia, sedangkan dalam proses pembentukan RUU Cipta Kerja itu sendiri secara besar-besaran memangkas, menyederhanakan, dan menyelaraskan regulasi (melanggar undang-undang) yang telah dibuat sebelumnya.

Aksi unjuk rasa penolakan RUU Cipta Kerja berjalan di bawah arahan koordinator lapangan, (10/3/2020) Merahnews.com – Ayu Andira

“Pertama, dari segi formilnya, ini sudah dianggap melanggar aturan tentang pembuatan peraturan perundang-undangan sehingga dari segi formil untuk dijadikan sumber hukum yang sah itu masih dipertanyakan. Kedua, penggabungan beberapa aturan yang menyentuh beberapa sektor, nyatanya kebijakan ini tidak merakyat. Banyak hak-hak rakyat yang dikebiri dengan hadirnya RUU Cipta Kerja ini,” ujar mahasiswi angkatan 2016 tersebut saat dimintai pendapatnya.

Lebih lanjut, Riska menjelaskan bahwa aksi yang dilakukan hari ini hanyalah aksi pra-kondisi dengan harapan dapat memantik semangat mahasiswa lainnya untuk mengikuti aksi-aksi selanjutnya. MERAHNEWS.COM | AYU ANDIRA.