Aliansi Mahasiswa Unhas Bersatu Gelar Unjuk Rasa Tolak RUU Omnibus Law

oleh -11 views
Unjuk Rasa Aliansi Mahasiswa Unhas Bersatu yang berlangsung di Depan Pintu I Unhas Tamalanrea Makassar, (10/3/2020) | Merahnews.com - Hajar Triwijaya

MERAHNEWS.COM | MAKASSAR — Mahasiswa yang mengatasnamakan Aliansi Unhas Bersatu menggelar unjuk rasa menolak Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja atau Omnibus Law. Aksi ini berlangsung di depan pintu I Universitas Hasanuddin (Unhas), Selasa (10/3/2020).

Aksi tersebut dimulai di pelataran kawasan gedung perkuliahan MKU Unhas. Setelah itu massa bergerak menuju depan pintu 1 Jl. Perintis Kemerdekaan Km 10 untuk memulai aksi.

Unjuk rasa, Omnibus Law, Unhas
Unjuk Rasa Aliansi Mahasiswa Unhas Bersatu yang berlangsung di depan Pintu I Unhas Tamalanrea Makassar, (10/3/2020) Merahnews.com – Hajar Triwijaya

Hal ini mengakibatkan kemacetan panjang baik yang menuju ke arah Barat Kota maupun Timur Kota Makassar. Unjuk rasa berlangsung seraya menyanyikan lagu-lagu perjuangan.

“Negara hari ini malah makin memperkeruh, masih menindas salah satunya melalui kebijakan Omnibus Law! Bayangkan jika Omnibus Law disahkan kita akan kembali pada zaman otoriter orde baru,” kata salah seorang Orator lapangan.

Aliansi Unhas Bersatu ini terdiri atas organisasi mahasiswa dari beberapa fakultas yang ada di Unhas. Adapun tuntutan utama Aliansi Mahasiswa Unhas tersebut antara lain mendesak pemerintah agar membatalkan RUU Cipta Kerja yang dikemas dalam bentuk Omnibus Law. Alasannya, RUU Omnibus Law tersebut dinilai tidak pro rakyat.

Mahasiswa itu juga membawa atribut spanduk dan poster bertuliskan ‘Aliansi Unhas Bersatu Tolak Omnibus Law RUU Cipta Kerja’. Aksi yang berakhir sekitar pukul 18.00 WITA ini dikawal petugas Kepolisian Resort Tamalanrea dan Dinas Perhubungan Kota Makassar. MERAHNEWS.COM | HAJAR TRIWIJAYA