Tim Pengabdian Masyarakat Fisip Unhas Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Pergaulan Bebas

oleh -3 views
Tim Pengabdian Masyarakat Fisip Unhas gelar Sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba dan pergaulan bebas bagi Masyarakat Sinjai, Sabtu (31/8/2019) | Merahnews.com - Adi

SINJAI | MERAHNEWS.COM — Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip ) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menyelenggarakan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan bahaya narkoba serta antisipasi pergaulan bebas remaja usia sekolah bagi masyarakat Kabupaten Sinjai. Kegiatan ini berlangsung di Aula SMA 13 Sinjai desa Manimahoi kecamatan Sinjai Tengah, Sinjai (31/8/2019).

Sosialisasi Bahya Narkoba, Pengabdian Masyarakat, Fisip Unhas
Tim Pengabdian Masyarakat Fisip Unhas gelar Sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba dan pergaulan bebas bagi Masyarakat Sinjai, Sabtu (31/8/2019) | Merahnews.com – Adi

Ketua Tim Kegiatan Pengabdian Masyarakat Fisip Unhas, Dr. Safriadi, M.Si mengaku kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tehadap ancaman penyalahgunaan narkoba dan obat terlarang serta mengantisipasi munculnya fenomena pergaulan bebas di kalangan remaja usia sekolah.

“Narkoba dan pergaulan bebas adalah bencana sosial yang dapat merenggut masa depan generasi muda. Inilah yang mendorong kami melakukan sosialisasi bahaya narkoba dan pergaulan bebas ini.” ujra Dr Safriadi.

Dr. Safriadi menilai pengetahuan masyarakat masih kurang  tentang bahaya narkoba serta ciri-ciri siswa yang rentan terhadap narkoba serta tempat-tempat potensial terjadinya penyalahgunaan narkoba dan pergaulan bebas. Selain itu, ia menilai model penyelsaian masaalah pergaulan bebas dengan pernikahan dini juga bukan merupakan solusi komprehensif untuk mengatasi masaalah pergaulan bebas di kalangan remaja usia sekolah.

Peserta Sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba dan pergaulan bebas mengikuti secara serius materi sosialisasi yang disampaikan Tim Pengabdian Masyarakat Fisip Unhas Sabtu (31/8/2019) | Merahnews.com – Adi

Sosialisasi pencegahan dan penanggulangan narkoba serta antisipasi pergaulan bebas di kalangan remaja usia sekolah ini dilaksanakan secara bergantian oleh para anggota Tim yang terdiri atas: Prof. Pawennari Hijang, MA, Dr. Yahya, MA, Rahmatullah Jafar, S.IP, M.Si dan Dr. Safriadi selaku ketua tim.

Metode sosialisasi yang digunakan antara lain pemutaran video pendek dan ceramah. Adapun materi sosialisasi yang disampaikan antara lain; jenis-jenis narkoba, ciri dan efek negatif narkoba, lingkungan sosial budaya masyarakat yang rentan terhadap munculnya penyalahgunaan naroba serta pergaulan bebas, pergaulan bebas dan masa depan remaja.

Kegiatan ini diikuti 88 peserta yang terdiri atas 50 orang tua siswa dan 38 siswa SMA 13 Kabupaten Sinjai. Merahnews.com | MMM