Prodi Ilmu Komunikasi Unhas Raih Akreditasi Internasional AUN-QA

oleh -0 views
akreditasi AUN-QA, Prodi Komunikasi Unhas, Komunikasi Unhas
Tim Task Force Departemen Ilmu Komunikasi berfoto dengan Tim Assesor AUN-QA

MERAHNEWS.COM | MAKASSAR — Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Hasanuddin (Unhas) meraih akreditasi Internasional AUN-QA (Asean University Network-Quality Assurance) yang berpusat di Bangkok Thailand.

Kabar baik bagi seluruh keluarga besar Departemen Ilmu Komunikasi Unhas ini diperoleh Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah, Ph.D, Senin malam (27/5/2019).

“Ini merupakan berkah Ramadhan. Setelah empat program studi yaitu Komunikasi, Geologi, Peternakan Keteknikan Pertanian divisitasi tim asesor pada awal April lalu, akhirnya kita menerima hasilnya dan keempatnya termasuk Departemen Ilmu Komunikasi Unhas dinyatakan memenuhi kriteria,” Ujar Suharman.

Magister Ilmu Komunikasi Unhas, Akreditasi A BAN-PT
Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Unhas berfoto bersama usai mengikuti proses akreditasi AUN-QA. | Merahnews.com-Dok.Departemen Ilmu Komunikasi Unhas

Setidaknya ada 11 kriteria yang digunakan oleh para tim penilai (assesor) AUN-QA dalam menilai kualitas setiap program studi yaitu;
1. Expected Learning Outcome (Capaian Pembelajaran yang diharapkan);
2. Program Specification (Spesifikasi kurikulum program studi);
3. Program Sctructure and Contents (Struktur dan Isi Matakuliah);
4. Teaching and Learning Approach (Metode pembelajaran);
5. Student Assasement (Penilaian Mahasiswa);
6. Academic Staff Quality (Kualitas Staf Pengajar);
7. Support Staff Quality (Kualitas Tenaga Kependidikan);
8. Student Quality and Support (Dukungan dan Kualitas Mahasiswa);
9. Facilities and Infrastructure (Fasilitas dan Infrastruktur);
10. Quality Enhancement (Rencana Pengembangan Kualitas);
11. Output (Mutu Luaran).

Merujuk pada indikator penilaian di atas, Tim Asessor AUN-QA yaitu Prof. Dr. Le Quang Minh asal Thailand dan Prof.Dr. Allan B de Guzman asal Philipina memberikan penilaian di atas rata-rata (Better than Adequate). Keduanya menilai Program Studi Komunikasi Unhas telah melaksanakan semua indikator yang ditetapkan AUN-QA dan hasilnya di atas rata-rata serta menunjukkan trend perkembangan yang positif.

Keberhasilan Prodi Ilmu Komunikasi Unhas meraih akreditasi internasional menambah deretan program studi dalam lingkup yang telah berhasil meraih akreditasi internasional yang kini jumlahnya mencapai 19 Program Studi yaitu 17 terakreditasi AUN-QA dan 2 prodi terakreditasi ABEST-21.

Prodi yang terakrdeitasi AUN-QA yaitu; Kedokteran, Hubungan Internasional (Fisip), Kesehan Masyarakat, Teknik Sipil, Teknik Geologi, Ilmu Kelautan, Ilmu Hukum, Kimia, Kehutanan, Manajemen, Arsitektur, Agribisnis, Pendidikan Kedokteran Gigi, Ilmu Komunikasi (Fisip), Arkeologi, Teknik Pertanian dan Peternakan.

Sementara yang menenuhi kriteria ABEST-21 yaitu; Manajemen dan Ilmu Ekonomi (Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis). MERAHNEWS.COM | MUL