Resensi Buku RE:

oleh -3 views

Judul buku : RE:
Pengarang : Maman Suherman
Penerbit : IMPRINT KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)
Cetakan : Pertama, 1 April 2014 dan Kedua, Mei 2014
Tebal : IV + 160 halaman
Kategori : Dewasa (18 tahun keatas)
ISBN : 13: 978-979-19-0702-2

MERAHNEWS.COM|MAKASSAR — Maman Suherman, merupakan alumni Universitas Indonesia dengan jurusan Kriminologi. Kisah hidup Rere (dalam buku tertulis Re:) diketahui Maman saat menyusun skripsi. Tema skripsi yang Maman ungkap ialah mengenai dunia pelacuran lesbian yang penuh dengan kekejaman dan dendam. Re: adalah objek utama penelitian Maman dalam penyusunan skripsi.
Buku ini menceritakan mengenai dunia pelacuran lesbian yang penuh dengan kekejaman dan dendam. RE: adalah seorang pelacur lesbian. Dia hanya melayani pelanggan wanita. Dalam menjalankan profesi tersebut,dia dikendalikan penuh oleh seseorang mucikari bernama Mami Lani. Sebenarnya, RE: tidak memiliki niat sedikitpun niat menjadi seorang pelacur. Kisah hidup RE: dimulai ketika banyak masalah yang menimpah kehidupan RE: sehingga niat dan nekat RE: terkurung menjadi pelacur.
Melalui novel ini, pembaca akan bertambah pengetahuan tentang pelacuran dalam kaitannya dengan dunia kriminal. Pembaca dapat mengetahui dunia pelacuran sekitar tahun ’80-an. Maman memberi tahu pembaca mengenai lokalisasi di Jakarta. Bahkan, sebagian dari nama-nama tempat yang dijabarkan masih belum berubah fungsi hingga saat ini. Maman memberi tahu pembaca di mana tempat banyak pelacur wanita, pelacur laki-laki, dan pelacur transgender (banci).
Pemaparan dunia pelacuran dalam buku ini menunjukkan bahwa Indonesia cukup subur dalam perkembangan bisnis prostitusi. Hal tersebut sangat ironis karena mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam. Bahkan, agama-agama lain pun diakui. Namun, bisnis prostitusi terus berkembang dan cara menjalankannya pun semakin beragam seiring dengan kemajuan teknologi.
Di samping itu, pembaca pun dapat mengetahui sedikit tentang Viktimologi. Mata kuliah tersebut memiliki sudut pandang yang berbeda dalam Kriminologi. Viktimologi mempelajari tentang korban kejahatan. Peran korban dalam tindak kejahatan menjadi bahan kajian dalam mata kuliah tersebut. Ilmu ini sering kali diterapkan oleh penyidik dalam menggali keterangan dari korban perkosaan atau tindak asusila ringan. Perempuan sebagai korban malah sering disudutkan dan disalahkan dalam kejahatan seksual.
Kelebihan Buku : Buku ini sangat menarik dari segi kehidupan sosial, Cerita dari penulis maman membawa kita dibalik seorang tokoh RE: yang penuh dengan kesensaraan, tetapi memiliki pesan-pesan yang disampaikan dengan tidak hidup didunia seperti yang diceritakan oleh penulis. Kekurangan buku :Cerita ini berdasarkan fakta jadi Bahasa yang digunakan banyak mengandung Bahasa 18 tahun keatas. MERAHNEWS.COM|Nur Annisa S L

sumber sampul : Ebook.gramedia.com