, ,

HIMAPEM Angkat Tema ”Potret 2045: Kamuflase Mafia Pendidikan” pada Apresiasi Seni Goviesta 2019

oleh -70 views

MERAHNEWS.COM | MAKASSAR —Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HIMAPEM) Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik Universitas Hasanuddin menggelar Apresiasi Seni dengan mengangkat tema “Potret 2045: Komuflase Mafia Pendidikan” di Baruga A.P Pettarani Unhas, Jumat (22/3/2019).
Apresiasi Seni ini merupakan rangkaian acara dari Goverment Fiesta (Goviesta) 2019. Salah satu dosen Ilmu Pemerintahan dalam sambutannya mengatakan bahwa tema yang diangkat merupakan suara dari mahasiswa yang dikemas dengan baik dan di sampaikan lewat seni.
“Sejarah paling romantik itu adalah pendidikan. Mahasiswa tidak jauh dari pendidikan dan pendidikan bisa mengubah peradaban dan bahkan bisa mengubah dunia. Dan saat ini suara mahasiswa dikemas dalam sebuah pemantau kepentingan pendidikan yang disampaikan lewat seni yang merupakan bahasa universal, seni menjadi satu media yang sangat efektif untuk mengkritik. Seniman mengatakan kalau ingin mengkritik tanpa menimbulkan rasa dendam dan sakit hati maka sampaikan kritik itu lewat jalur seni” Ujar Luqman
Sedangkan ketua panitia Goviesta mengatakan bahwa “Tema itu berangkat dari tema besar tentang 2045: Membangunkan Indonesia, kemudian kita turunkan dan melihat bagaimana problema-problema yang terjadi di Indonesia dan bagaimana upayanya mencapai masa 2045. Problema yang terkait dengan sumber daya manusia yang kita kerucutkan dengan pendidikan, yang dimana pendidikan merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusianya. Maka dari itu kita angkat tema yang terkait dengan pendidikan khususnya yang ada di perguruan tinggi” Ujar Resqy Ade Maulana (ketua panitia Goviesta 2019)
Apresiasi seni merupakan salah satu alternatif lain bagi mahasiswa untuk menyampaikan kritik atau saran melalui tema yang disusun dengan kesepakatan bersama. MERAHNEWS.COM | DIAN EKAWATI MAJID