Hari Raya Nyepi, Umat Hindu Kota Makassar Laksanakan Catur Brata Penyepian

oleh -74 views
Perayaan Nyepi di Kota Makassar | Merahnews.com- I Luh

MERAHNEWS.COM | MAKASSAR — Sebagai bentuk pelaksanaan hari raya Nyepi umat Hindu di seluruh Indonesia tidak terkecuali di kota Makassar melaksanakan Catur Brata Penyepian, Kamis (7 /3/2019).

Catur Brata Penyepian merupakan  empat hal yang tidak dapat dilakukan masyarakat Hindu saat Nyepi pada peringatan pergantian tahun baru saka 1941 kali ini. Empat larangan tersebut ialah Amati Geni yaitu tidak menyalakan api, lampu dan barang-barang elektronik, Amati Karya yaitu tidak bekerja atau beraktivitas fisik untuk belajar dan refleksi diri atas hidup yang dijalani, Amati Lelanguan yaitu tidak menghibur diri atau melakukan kesenangan, dan Amati Lelungan yaitu tidak bepergian.

“Catur Brata Penyepian mulai dilksanakan pada 7 Maret 2019 dari jam 6 pagi hingga jam 6 pagi berikutnya pada tanggal 8 Maret 2019 dengan harapan umat Hindu kota Makassar dapat melaksanakannya walaupun kondisi kita di sini tidak bisa sama persis dengan masyarakat di Bali yang mayoritas Hindu. Intinya umat tetap melaksanakan Catur Brata Penyepian dengan baik sehingga mendapat kesucian untuk menyambut tahun baru Saka 1941.” Ujar Pengurus Harian PHDI Provinsi Sulawesi Selatan, I Nyoman Sumarya.

Sesuai  arti kata Nyepi yaitu sepi, sunyi, dan hening,   Catur Brata Penyepian dilaksanakan untuk mewujudkan keheningan yang bertujuan untuk menyepikan diri dari hiruk pikuk kehidupan serta meredam segala nafsu atau sifat keserakahan manusia untuk menyucikan Bhuwana Agung (Alam Semesta) dan Bhuwana Alit (Manusia).

Tidak jauh berbeda dengan masyarakat di daerah lain, masyarakat Hindu di kota Makassar pun melaksanakan Catur Brata Penyepian, baik di rumah masing-masing  maupun di Pura Giri Natha Kota Makassar. MERAHNEWS.COM | I LUH DEVI SANIA