Dubes Indonesia Untuk Australia Beri Kuliah Umum di Unhas

oleh -35 views
Duta Besar Indonesia untuk Australia dan Vanuatu, Y Kristiarto S Legowo memberi Kuliah Umum di di Ruang Senat Lantai 2 Gedung Rektorat Unhas, Senin (28/1/2019). | MERAHNEWS.COM - MUL

MERAHNEWS.COM | MAKASSAR – Duta Besar Indonesia untuk Australia dan Vanuatu, Y Kristiarto S Legowo memberi Kuliah Umum dengan tema Hubungan Historis dan Kontemporer antara Sulawesi Selatan dan Australia.  Kuliah Umum tersebut berlangsung di Ruang Senat Lantai 2 Gedung Rektorat Unhas, Senin (28/1/2019).

Dalam kuliah umumnya, Kristiarto S Legowo menekankan 4 (empat) prioritas paling penting dalam membangun hubungan kerjasama luar negeri:

1. Menjaga Kedaulatan dan Keutuhan NKRI yang meliputi negosiasi batas darat dan batas maritim dengan negara tetangga dan  melindungsi integritas teritorial Indonesia dari ancaman separatisme.
2. Perlindungan WNI di Luran Negeri meliputi: Membanun sistem perlindungan WNI, Meningkatkan proteksi regulasi domestik; mendorong pembahasan isu perlindungan dan migrasi pada tataran kawasan dan internasional.
3. Peningkatan Diplomasi Ekonomi yang mencakup: Menggarap pasar Non Tradisonal, Keterlibatan BUMN, Perbankan maupun Sektor Swasta di Indonesia dan  Pengautan infratruktur kerja sama ekonomi.
4. Berkontribusi bagi dunia yaitu ikut meyelesaikan perdamaian dunia sesuai amanah konstitusi RI.

Dubes Indonesia untuk Australia, Y Kristiarto S Legowo , Unhas
Duta Besar Indonesia untuk Australia dan Vanuatu, Y Kristiarto S Legowo memberi Kuliah Umum di di Ruang Senat Lantai 2 Gedung Rektorat Unhas, Senin (28/1/2019). | MERAHNEWS.COM – MUL

Sementara itu, Rektor Universitas Hasanuddin, Prof.Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA sangat mengapresiasi dan berkomitmen meningkatkan kualitas kerjasama Indonesia-Australia khususnya soft diplomacy di bidang kerjasama pendidikan.

Prof Dwia mengaku, Unhas telah menjalin kerjasama dan menandatangani MoU dengan sejumlah universitas  di Australia antara lain Griffith University dan Monash University. Unhas juga kata Prof Dwia, akan membuka kelas internasional yang berafiliasi dengan sejumlah perguruan tinggi di Australia.

Kuliah Umum ini diselenggarakan sebagai salah satu Rangkaian Kegiatan Menyambut Dies Natalis Fakultas Ilmu Ssoial dan Ilmu Politik Unhas ke-58. Acara ini dihadiri oleh Konjen Australia di Makassar, Richard Mathews, Atase Pendidikan KBRI Australia, Muh Imran Hanafi, Para Wakil Rektor, Dekan dan unsur pimpinan dalam lingkup Universitas Hasanuddin. MERAHNEWS.COM | MMM