Meneliti Bias Konstruksi Indentitas Media Muliadi Mau Raih Gelar Doktor

oleh -41 views

MERAHNEWS.COM | MAKASSAR – Penggiat Jurnaslistik yang juga Dosen Departemen Ilmu Komunikasi Fisip Unhas Dr. Muliadi Mau, M.Si, berhasil mempertahankan Disertasi dalam Sidang Promosi Doktor Bidang Antorpologi, Jumat (28/12) di ruang Prof. Syukur Abdullah. Memgambil kajian Antrolopologi Media Muliadi yang juga penggiat Literasi Media ini mengkaji Bias-Bias Konstruksi Identitas dalam Pemberitaan Media.

Kekuatan media terkhusus media online saat ini mengalami banyak perubahan terkhusus dalam penerapan pranta dalam mengelola media dalam perubahan jaman saat ini. Kecenderungan media menggunakan identitas yang tidak berhubungan dengan inti berita terhadap individu-individu dalam prores pemberitaan berimplikasi terhadap biasnya informasi tersebut. Peran masyarakat menjadi sangat penting dalam memilah informasi yang saat ini hadir dari berbagai media dan sumber yang secara aturan tidak dapat dibendung sumber dan kredibilitasnya.

Ragam persoalan dan kasus diungkap eh Dr. Muliadi dalam promosinya, mulai dari kasus Narkoba hingga kasus pemerkosaan. Berubahnya pola konsumsi media akhirnya mengubah sistim produksi informasi dalam media saat ini. Akurasi menjadi terabaikan dan kecepatan menjadi utama bebernya dalam sidang tersebut.

Dr. Muliadi Mau dan Keluarga serta tim Dosen Penguji Sidang Promosi

Sidang promosi berlangsung selama lebih dua Jam dipimpin langsung oleh Dekan Fisip Unhas Prof. Dr. Armin Arsyad, M.Si., dan dihadiri oleh Promotor, Prof Nurul Ilmi Idrus, Ph.D, Dr. Tasrifin Tahara, M.Si., Dr. Muhammad Farid, M.Si., Penguji Eksternal Dr. Abdul Kholik, M.Si., Penguji Internal, Prof. Dr. Hamka Napping, MA, dan Dr. M. Iqbal Sultan, M.Si. | Merahnews.com