KPUD Toraja Utara Libatkan Dosen Unhas Sosialisasi Pemilu Bagi Pemilih Pemula dan Dafabel

oleh -12 views

MERAHNEWS.COM | RANTEPAO — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Toraja Utara menggelar Sosialisasi Pendidikan Pemilu 2019 bagi Pemilih Pemula dan Pemilih Difebel yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Kabupaten Tanah Toraja, Senin-Selasa (10-11/12/2018).

Ketua KPUD Toraja Utara, Bonni Freedom dalam sambutannya pada pembukaan Sosialisasi Pendidikan Pemilu 2019 bagi Pemilih Pemula dan kaum Difabel mengajak dan menghimbau kepada para pemilih pemula dan kau Difabel untuk ikut berpartisipasi dalam pemilu 2019 yang akan diselenggarakan pada tanggal 17 April 2019.

Selain itu, Bonni juga berharapa agar para peserta Sosialisasi dapat menjadi agen-agen sosialisasi bagi teman sesama pemilih pemula dan kaum Difebel untuk ikut berpartisipasi dan menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019.

Ketua KPUD Toraja Utara ini juga mengingatkan kepada peserta bahwa Warna Surat Suara untuk Pemlihan Calon Anggita DPRD Kabupaten /Kota adalah warna Hijau, surat suara calon anggita DPRD Provinsi warna Biru, surat suara DRP RI warna Kuning, DPD warna Merah dan Calon Presiden dan Wakil Presiden warna Abu-Abu.

Sementara itu, Dr Alem Febri Sonni selaku pemateri menghimbau kepada peserta untuk menelusuri jejak rekam para calon sebelum memilih dalam Pemilu 2019. Ia juga mengharapkan kepada para peserta khususnya kepada pemilih pemula untuk tak mudah percaya dan menyebarkan informasi hoax berkaitan dengan pemilu.

Di pihak lain, Dr Tasrifin Tahara menegaskan bahwa perempuan merupakan salah satu pihak yang paling merasakan langsung segala kebijakan yang dihasilkan oleh para pengambil kebijakan di DPRD kabupaten, Provinsi, DPR RI, DPD maupun Presiden dan Wakil Presiden. Untuk itu ia menghimbau kepada para perempuan yang memilih hak pilih untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik agar menghasilkan para pengambil kebijakan dan penyelenggara pemerintahan yang benar-benar peduli dan pro kepeda rakyat khususnya kepada kaum perempuan.

kpud tanah toraja, sosialisasi pemilu 2019, pemilih pemilu, difabel
Peserta dan Pemateri Sosialisasi Pemilu 2019 bagi Pemilih Pemula dan Difabel yang diselenggrakan oleh KPUD Toraja Utara. MERAHNEWS.COM | MUL

Wakil Koordinator Bidang Partisipasi Masyrakat dan SDM KPUD Toraja Utara Roy Pole Pasalli memberikan apresiasi positif kepada peserta yang sangat aktif dan antusias mengikuti sosialisasi Pemilu 2019.

Roy juga menyampaikan apresiasi kepada pemateri asal Universitas Hasanuddin yang sudah menyajikan materi sosialisasi secara dinamis dan interaktif.

Sosialisasi Pendidikan Pemilu 2019 ini diikuti oleh siswa SMA dari berbagai sekolah di Toraja Utara, penyandang Difebel, para Relasi dan Pendamping kaum Difebel dan aktivis mahasiswa serta menghadirkan pemateri asal Universitas Hasanuddin Makassar masing-masing; Dr.Tasrifin Tahara, Dr Alem Febri dan Muliadi Mau serta anggota Bawaslu Kabupaten Tanah Toraja, Arifin Sempa. MERAHNEWS.COM | MUL