Asisten III Sekda Kabupaten Bone, Asriady Sulaiman Raih Gelar Doktor di UNM

oleh
Promosi Doktor, Administrasi Publik. Asriady Sulaiman, Kabupaten Bone, Pascasarjana UNM
Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekda Kabupaten Bone, Dr. Asriady Sulaiman, M.Si mengikuti ujian Promosi Doktor Bidang Ilmu Admistrasi Publik di UNM, Senin (3/12/2018). MERAHNEWS.COM | MUL

MERAHNEWS.COM | MAKASSAR — Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekda  Kabupaten Bone, Dr. Asriady Sulaiman, S.IP, M.Si meraih gelar Doktor dibidang Administrasi Publik Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (UNM), Senin (3/12/2018).

Dalam disertasinya yang berjudul Perubahan dan Pengembangan Organisasi Rumah Sakit Umum Daerah Tenriawaru Kabupaten Bone, Dr. Asriay Sulaiman menemukan bahwa proses perubahan dan pengembangan organisasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tenriawaru Kabupaten Bone dilakukan secara terencana dan tidak terrencana.

Proses perubahan dan pengembangan secara terencana tersebut kata mantan Kepala Bagian Humas dan Infokom Kabupaten Bone ini dipengaruhi oleh faktor internal organisasi berupa perubahan kebijakan pemerintah yaitu Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 340 tahun 2010 tentang Klasifikasi Rumah Sakit dan faktor eksternal seperti faktor politik, faktor hukum, faktor kebudayaan, faktor teknologi, faktor sumberdaya alam, faktor demografis dan faktor sosiologis.

Perubahan yang disebabkan oleh faktor internal tersebut di atas kata Asriady selanjutnya diikuti oleh upaya RSUD Tenriawaru untuk memenuhi kriteria rumah sakit kelas B yang meliputi sumber daya manusia, sarana dan prasarana, pelyanan masyarakat dan standar pelayanan.

Implikasi perubabahan dan pengembangan organisasi RSUD itu kata pria kelahiran Watampone ini antara lain berupa peningkatan secara signifikan kinerja layanan kepada masyarakat. Peningkatan kinerja layanan tersebut antara lain dilakukan dengan strategi layanan sepenuh hati berupa passionate, progressive, proactive dan positive.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekda Kabupaten Bone, Dr. Asriady Sulaiman, M.Si mengikuti ujian Promosi Doktor Bidang Ilmu Admistrasi Publik di UNM, Senin (3/12/2018). MERAHNEWS.COM | MUL

Meskipun demikian kata Asriady, untuk lebih meningkatan kualitas pelayanan RSUD Tenriawaru Bone maka perlu melakukan strategi pembinaan ekstra terhadap para dokter yang belum menjalankan tugas dan kewajibannya melayani masyarakat dengan baik sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Selain itu kata mantan Kepala Badan Perpustakaan, Arsi dan PDE kabupaten Bone ini, pihak RSUD Tenriawaru Bone perlu melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap petugas pelayanan yang terkadang masih kutang ramah dan sopan dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekda Kabupaten Bone, Dr. Asriady Sulaiman, M.Si berfoto bersama Isri usai mengikuti ujian Promosi Doktor Bidang Ilmu Admistrasi Publik di UNM, Senin (3/12/2018). MERAHNEWS.COM | MUL

Dr. Asriady juga menyarankan pihak RSUD Tenriawaru Bone untuk memperbaiki dan mengganti sejumlah sarana dan prasaran layanan yang tidak berfungsi dengan baik seperti Kamar Mandi, AC, TV, Kulkas, Kipas angi serta peralatan medis lainnya.

Akhirnya, Plt Camat Salomekko tahun 2014 ini menyarankan pihak RSUD Tenriawaru Bone untuk membangun Wisma atau penginapan yang dikelola oleh pihak rumah sakit bagi keluarga pasien yang ingin beristrahat atau menginap ketika mendampingi pasien berobat di RSUD Tenriawaru Bone.

Ujian Promosi ini dipimpin langsung oleh Direktur Program Pascasarjana UNM, Prof.Dr. Hamsu Abd. gani, M.Pd dan dihadiri oleh Promotor Prof.Dr Haedar Akib, M.Si dan Ko-Promotor Prof.Dr Fahri Kahar, M.Si serta penguji internal dan eksternal yaitu Prof.Dr Suradi Tahmir, MS; Prof.Dr. Rifdan, MS; Prof.Dr. Muhammad Ramli, M.Si, Prof.Dr. Andi Kasmawati, M.Hum dan Dr. Idrus Taba, M.Si. MERAHNEWS.COM | MUL