Teliti Kontestasi Antar Perupa di Makassar, Dosen Unismuh Ini Raih Gelar Doktor Antropologi di Unhas

oleh
Muh Faisal mengikuti ujian Promosi Doktor di bidang Antropologi Fisipol Unhas, Rabu (28/11/2018) | MERAHNEWS.COM - MUL

MERAHNEWS.COM | MAKASSAR — Dosen Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Dr Muh. Faisal, M.Pd berhasil meraih gelar Doktor di bidang Antroplogi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar setelah dinyatakan lulus dalam ujian Promosi Doktor (S3) yang berlangsung di Aula Prof Syukur Abdullah Fisip Unhas, Rabu (28/11/2018).

Muh Faisal dinyatakan lulus setelah berhasil menjawab seluruh pertanyaan penguji terkait topik disertasi yang berjudul: Kontestasi Antar Perupa: Identitas Seniman Kontemporer.

Dalam risetnya yang berlangsung sekitar 3 tahun, Ketua Yayasan Makassar Biaennale ini menemukan bahwa kontestasi antar perupa di Kota Makassar dipengaruhi oleh sistem relasi kapital yang berjalan secara simultan dalam membentuk sistem budaya kesenian secara dinamis.

“Pameran seni rupa atau gelar karya seni menjadi arena pertemuan dan persentuhan kekuatan kapital seniman dalam merespons kebudayaan,” Ujar pria kelahiran Bone ini.

ujian promosi, doktor antropologi, muh Faisial
Dr. Muh Faisal berfoto dengan Promotor, Ko-Promotor, Penguji dan keluarga usai mengikuti ujian Promosi Doktor di bidang Antropologi yang berlangsung di Aula Prof Syukur Abdullah, Rabu (28/11/2018) | MERAHNEWS.COM – MUL

Menurut Dr Muh Faisal, perwajahan, bentuk dan gagasan seni merupakan sistem representasi atas setiap peristiwa kebudayaan yang terjadi di sekitarnya. Itulah sebabnya kata Faisal, untuk mengetahui sistem nilai kebudayaan yang mewarnai kehidupan masyarakat dapat dilihat dari sistem visual yang diekspresikan dan ditampilkan secara simbolik.

“Daru sistem simbolik visual tersebutlah nilai kebudayaan ditafsirkan, dibaca dan diperiksa berdasarkan pendekatan antropologi.” kata Faisal.

Penulis buku Antropologi Seni ini menilai, identitas perupa di kota Makassar sangat dipengaruhi oleh aspek ekonomi-politik.

“Orientasi eknomi cukup dominan mewarnai politik identitas perupa di kota Makassar.” Ujar pria yang akrab disapa Ical ini.

Ujian Terbuka (Promosi) Dr Muh Faisal ini dipimpin langsung oleh Dekan Fisipol Unhas, Prof. Dr. Armin dan dihadiri oleh Promotor Prof.Dr Supriadi Hamdat, MA, Ko-Promotor Dr. Muh. Basir, MA, Ko-Promotor Dr. Halilintar Lathief, M.Pd dan Penguji Eksternal Prof Tjetjep Rohendi Rohidi, MA serta penguji internal yaitu Prof.Dr Mahmud Tang, MA, Prof Nurul Ilmi Idrus,Ph.D dan Dr Tasrifin Tahara, M.Si. MERAHNEWS.COM | MUL