Alem Febri Sonni: TV Jadi Ajang Kontestasi Kekuasaan Politik & Ekonomi

oleh
Alem Febri Sonni, Promosi Doktor, Unhas
Alem Febri Sonni mengikuti ujian Promosi Doktor Bidang Antropologi Media di Gedung Ipteks Unhas, Senin (26/11/2018). MERAHNEWS.COM - MUL

MERAHNEWS.COM | MAKASSAR — Ruang Redaksi Televisi di Indonesia dewasa ini dinilai menjadi salah satu ajang kontestasi kekuasaan politik di Indonesia. Penilaian tersebut disampaikan Alem Febri Sonni dalam Sidang Terbuka Ujian Promosi Program Doktor dalam Bidang Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin (Unhas) yang berlangsung di Gedung Ipteks Unhas, Senin, 26 November 2018.

Menurut Alem Febri Sonni, ruang redaksi pemberitaan media termasuk media TV seyogyanya bersih atau steril dari pengaruh dan tekanan-tekanan kekuasaan politik dan ekonomi. Namun dalam praktiknya, ruang redaksi sangat sarat dengan kontestasi politik dan ekonomi sehingga produk berita yang dihasilkan cenderung berpotensi bias politik.

Praktik kontestasi politik dalam ruang redaksi tersebut kata Sonni antara lain dapat dilihat pada pemberitaan kontestasi politik antara pasangan Prabowo-Hatta Rajasa dan Jokowi- Jusuf Kalla dalam pemilihan calon presiden tahun 2014 yang ditayangkan oleh Stasiun TVOne dan Metro TV.

Alem Febri Sonni menilai, praktik kontestasi politik di ruang redaksi tersebut hingga kini masih terus berlangsung terutama menjelang Pilpres 2019. Salah satu faktor penyebabnya antara lain karena pemilik media TV di Indonesia pada umumnya merupakan politisi yang ikut mengambil bagian dalam kontestasi politik di tanah air.

Ujian Promosi Doktor ini dipimpin langsung oleh Dekan Fisip Unhas, Prof.Dr Armin Arsyad, M,Si dan dihadiri oleh Promotor, Prof Dr. Pawennari Hijang, M.Si, Co-Promotor Dr. Tasrifin Tahara, M.Sr, Co-Promotor Dr. Moh Iqbal Sultan, M.Si, Peguji Eksternal, Dr Dadang Rahkmat, S.Sos, M.Si, Penguji Internal Prof Dr. Nurul Ilmi Idrus, Ph.D, Prof. Andi Alimuddin Unde, M.Si dan Dr. Muh Basir, MA. MERAHNEWS.COM | MUL