Kado Istimewa untuk Kabupaten Pinrang di Peringatan HKN 2018

oleh
Penyerahan penghargaan kepada tiga Kecamatan yang telah Open Defecation Free (ODF) lingkungan MCK bersih yang dicapai oleh Kecamatan Mattiro Bulu, Kecamatan Tiroang dan Kecamatan Paleteang. Foto: Herman C/Humas Pinrang

MERAHNEWS|PINRANG –Sejumlah prestasi di bidang kesehatan menjadi kado istimewa bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Pinrang pada upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tahun 2018, yang diselenggarakan di halaman Kantor Bupati Pinrang, Senin (19/11/2018).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang, Dyah Puspita Dewi menyebutkan prestasi tersebut antara lain pencapaian imunisasi MR terbaik se-Sulsel, peringkat pertama kabupaten untuk pencapaian Universal Children (UCI), dan AMPL Award untuk akselerasi Desa ODF.

“Prestasi lainnya juara tiga tingkat Provinsi Sulsel yang diraih Puskesmas Teppo, serta Juara dua tingkat Provinsi Sulsel sebagai Puskesmas Peduli Pita Kesorga yang dicapai Puskesmas Salo. Penghargaan lainnya adalah penghargaan sebagai Kabupaten Sehat Wisata.”

Pada kesempatan ini diserahkan pula penghargaan kepada tiga Kecamatan yang telah Open Defecation Free (ODF) lingkungan MCK bersih yang dicapai oleh Kecamatan Mattiro Bulu, Kecamatan Tiroang dan Kecamatan Paleteang.

Penghargaan ini masing-masing diserahkan oleh Bupati Pinrang Aslam Patonangi, Ketua Kabupaten Sehat Andi Dewiyani Aslam, Bupati Pinrang terpilih Andi Irwan Hamid dan unsur Muspida. Pada kesempatan itu juga dilepas balon menandai HUT Pertama Publik Service Centre (PSC).

Bupati Pinrang Aslam Patonangi selaku pembina upacara HKN ke 54, mengatakan prestasi yang dicapai bidang kesehatan merupakan implementasi komitmen bagi pelayanan kesehatan di Pinrang,.

“Hal itu sudah sejalan dengan upaya peningkatan yang sudah dilakukan, baik itu berupa fasilitas maupun pelayanan,” katanya.

Saat ini, dari 17 Puskesmas di Pinrang terdapat 16 di antaranya yang sudah terakreditasi dan sisanya akan segera terakreditasi.

“Kita berharap semua masyarakat akan terlayani pelayanan kesehatan dibarengi mutu Puskesmas yang telah terakreditasi,” katanya.

Menteri Kesehatan dalam sambutan tertulisnya mengajak seluruh pihak untuk mengikuti rangkaian peringatan HKN dengan penuh semangat dan suka cita serta mengenang jasa para pejuang pembangunan kesehatan, meneladani semangat dan pengabdiannya.*

MERAHNEWS.COM|HERMAN C