Pinrang Terapkan E-Arsip

oleh
Pada kegiatan ini, selain penandatanganan piagam kesepahaman juga dilakukan pemukulan gong untuk Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip serta penandatanganan Fakta Integritas secara simbolis untuk semua OPD. Foto: Herman Chandra.

MERAHNEWS|PINRANG –Pemerintah Daerah Kabupaten Pinrang meninggalkan sistem manual dalam pengelolaan arsip sejalan dengan diterapkannya Elektronik Arsip (E-Arsip), melalui aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD).

Realisasi penggunaan sistem ini dipastikan melalui penyerahan aplikasi dari Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan Arsip Nasional RI, Andi Kasman Makkuaseng, kepada Bupati Pinrang Aslam Patonangi, diRuang Pola Kantor Bupati Pinrang, Kamis (18/10/2018).

Pada kegiatan ini, selain penandatanganan piagam kesepahaman juga dilakukan pemukulan gong untuk Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip serta penandatanganan Fakta Integritas secara simbolis untuk semua OPD.

Bupati Pinrang, Aslam Patonangi, mengapresiasi langkah Lembaga Arsip Nasional yang memberi kepercayaan kepada Pemda Kabupaten Pinrang  sebagai pusat pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip.

“Ini adalah momen itu penting sebagai kemajuan untuk pengelolaan arsip,” katanya.

E-Arsip sendiri diyakini akan sangat membantu dalam pengelolaan arsip. Melalui penggunaan sistem manual seperti selama ini membutuhkan ruang yang banyak. Belum lagi dari segi pemeliharaan yang tidak efisien dan terus dijaga agar arsip tidak hancur.

E-Arsip juga diyakini akan memudahkan dengan penyimpanan secara elektronik di samping arsip akan tersusun secara apik berdasarkan kualifikasi dan jenis arsip  dari tahun ke tahun. Aplikasi juga dapat meng-entrydari semua OPD terkait arsip.

Andi Kasman dalam paparannya menjelaskan bahwa fungsi arsip ada dua, yaitu fungsi dinamis merupakan menjadi alat bukti yang sah dapat dipertanggungjawabkan dan bisa dibuktikan sesuai yang didokumentasikan. Fungsi kedua adalah fungsi statis sebagai alat bukti kesejarahan dan arsip menjadi sumber kebenaran.

Andi Kasman menilai pengelolaan arsip di Pinrang tergolong maju. Terbukti setelah Pinrang meraih juara dua secara nasional dalam hal pengelolaan kearsipan.

Ia berharap dengan adanya E-Arsip pengelolaan kearsipan akan lebih efisien dan efektif dan berharap ada upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM di bidang kearsipan ini.*

MERAHNEWS|HERMAN C