Masyarakat Adat Turut Pantau Pemilu

oleh
Penting bagi masyarakat adat untuk mengawasi indikasi manipulasi suara komunitas masyarakat adat yang rentan terjadi di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Foto: Wahyu Chandra

MERAHNEWS|JAKARTA –Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) mengajak seluruh kader dan warga, khususnya masyarakat adat di seluruh Indonesia untuk turut memantau jalannya pelaksanaan Pemilihan Umum dan Pemilihan Presiden tahun 2019 mendatang.

Menurut Abdi Akbar, Biro Politik AMAN, ada sejumlah alasan penting bagi masyarakat adat untuk terlibat sebagai pemantau pemilu. Pertama, untuk mengawasi indikasi manipulasi suara komunitas masyarakat adat yang rentan terjadi di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Alasan kedua adalah mengawasi dan melaporkan indikasi kecurangan terhadap utusan politik Masyarakat Adat yang maju sebagai calon legislatif baik di tingkat DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPD maupun DPR RI kepada KPU maupun Bawaslu setempat,” katanya Rabu (10/10/2018).

Menurut Abdi, pihaknya masih membuka kesempatan bagi calon relawan yang bersedia menjadi Pemantau Pemilu, dengan mengirim profil diri beserta scan foto copy KTP paling lambat hingga tanggal 30 Oktober 2018. Data-data tersebut dapat dikirim ke email: yayan.hidayat@aman.or.id dan abdi.akbar@aman.or.id.

 

MERAHNEWS.COM|WAHYU