Program Pengabdian kepada Masyarakat Unhas – Program Kemitraan Masyrakat (PPMU-PKM)

oleh

MERAHNEWS.COM | SOPPENG – PPMU-PKM merupakan salah satu program pengabdian kepada masyarakat di Unhas yang bersifat problem solving. Kegiatan ini telah dilaksanakan oleh Tim pelaksana PPMU-PKM dari Program Studi Antropologi FISIPOL-UNHAS pada hari Sabtu (28/7/2018) di Desa Ganra Kecamatan Ganra Kabupaten Soppeng dengan tema “Penguatan Pengetahuan Budaya Guru-Guru SD dan SMP Dalam Rangka Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa”.

Khalayak sasaran yang dipilih adalah guru-guru SD dan SMP dengan bermitra dengan UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Ganra. Kegiatan ini dilakukan untuk Penguatan Pengetahuan Budaya Guru-Guru SD dan SMP dalam rangka membantu mempersiapkan bahan ajar berupa Nilai-nilai budaya yang hidup dalam masyarakat Bugis. Seperti kita ketahui bahwa pendidikan karakter bangsa hanya dapat berhasil manakala didasari oleh kebudayaan yang hidup di dalam masyarakat.

soppeng, siswa, antropologi
Suasana tanya-jawab dengan peserta saat materi berlangsung, Kecamatan Ganra Kab. Soppeng, Sabtu (28/7/2018) Merahnews.com | Tim Dokumentasi

Sesungguhnya kesadaran akan pentingnya pendidikan karakter bangsa bagi Orang Bugis sudah berlangsung sejak masa Bugis Purba. Hal itu dapat dibaca dalam naskah I La Galigo Episode “Meongpalo Karellae” yang tempo dulu dibacakan setiap tahun pada saat petani mempersiapkan benih padi untuk ditabur di pesamaian (Maddojabine). Pembacaan cerita rakyat ini yang dilakukan secara berulang-ulang merupakan salah satu metode penanaman nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam naskah itu, seperti nilai “kepedulian sosial” dalam wujud menjamu makanan kepada orang lapar (panre tau malupu), memberi air minum kepada orang yang haus (painung tau madekka), memberi pakaian kepada orang yang tidak punya pakaian (pallipari tomallojo-lojo), dst. Sayang sekali tradisi pembacaan cerita rakyat ini sudah ditinggalkan sejak bergantinya penanaman bibit padi lokal dengan bibit unggul.

Dalam pelaksanaan PPMU-PKM, ini ketua tim peksana, (Prof. Dr. Mahmud Tang, MA) dalam ceramahnya menekankan pentingnya penanaman nilai-nilai lokal kepada anak didik di sekolah-sekolah sebagai landasan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Upaya yang dilakukan oleh tim PPMU-PKM ini mendapat sambutan yang hangat dari Koordinator UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Ganra bersama dengan para peserta dalam acara itu. Merahnews.com | Aziziah Diah Aprilya.