Tim LP2M Unhas Latih Masyarakat Patampanua Pinrang Buat Keripik Talas, Sale Pisang dan Abon Ikan Tawar

oleh
Tim Program Pengabdian Unhas memberikan pelatihan pembuatan Sale Pisang, Keripiki Talas dan Abon Ikan Tawar kepada masyarakat kecamatan Patampanua kabupaten Pinrang, 17-19 Juli 2018. | Merahnews.com - Andi Dirpan

MERAHNEWS.COM | PINRANG — Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang memiliki potensi sumberdaya alam yang cukup besar seperti pisang, talas dan ikan air tawar. Sayangnya masyarakat setempat belum memanfaatkan potensi alam tersebut secara maksimal.

Untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya alam tersebut, Tim Program Pengabdian Masyarakat Universitas Hasanuddin (Unhas)  bekerjasama dengan Kemnterian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Politani Negeri Pangkep dan Pemda Kabupaten Pinrang memberikan pelatihan pemanfaatan sumberdaya alam kepada masyarakat kecamatan Patampanua lewat Program Kemitraan Wilayah (PKW) Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang yang berlangsung pada 7-9 Juli 2018.

LP2M Unhas, Universitas Hasanuddin, Program Kemitraan Wilayah, Patampanua Pinrang
Tim Program Pengabdian Masyarakat Universitas Hasanuddin berfoto bersama peserta dan panitia Pelatihan Program PKW Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang. | Merahnews.com – Andi Dirpan

Ketua Tim Program Pengabdian Masyarakat Universitas Hasanuddin, Andi Dirpan, Ph.D mengaku, lewat Program Kemitraan Wilayah ini masyarakat kecamatan Patampanua diberi berbagai pelatihan antara lain pelatihan pengembangan produk berupa pembuatan Sale Pisang, Pembuatan Keripik Talas, Pembuatan Abon Ikan Tawar dan Pembuatan Kompos Organik.

Selain itu kata Andi Dirpan, pihaknya juga memberikan materi tentang potensi alam lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh
masyarakat kecamatan Patampanua dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Tim Program Pengabdian Unhas memberikan pelatihan pembuatan Sale Pisang, Keripiki Talas dan Abon Ikan Tawar kepada masyarakat kecamatan Patampanua kabupaten Pinrang, 17-19 Juli 2018. | Merahnews.com – Andi Dirpan

Pada kesempatan itu, Tim Program Pengabdian Masyarakat Unhas dan Pemda Kabupaten Pinrang juga menfasilitasi pembentukan UMKM. UMKM tersebut kata Andi Dirpan, dijalankan sepenuhnya oleh masyarakat di kecamatan Patampanua dan diharapkan menjadi batu loncatan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Setelah pelatihan dan pembentukan UMKM, Dosen Universitas Hasanuddin juga menyumbangkan peralatan-peralatan pembuatan produk seperti alat Spinner, alat Stirrer atau alat pengepres kemasan dan beberapa alat lainnya kepada UMKM yang terbentuk.

“Kami harap, melalui pelatihan dan pemberian bantuan peralatan seperti ini masyarakat Patampanua dapat memanfaatkan sumberdaya alam yang ada dan dapat membuat produk yang lebih baik dan berkualitas.” harap Andi Dirpan.

Dosen Universitas Hasanuddin Makassar ini mengaku program pelatihan dan pemberian bantuan peralatan pembuatan produk tersebut merupakan wujud tanggungjawab dan pengabdian Universitas Hasanuddin kepada Masyarakat khususnya Masyarakat Kecamatan Patampanua kabupaten Pinrang. Merahnews.com | MMM