Tim LP2M Unhas Beri Pelatihan Pengelolaan Keuangan Bagi UMKM Kota Makassar

oleh
LP2M Unhas, Pelatihan Pengelolaan Keuangan, UMKM kecamatan Manggala
Pelatihan Pengelolaan Keuangan bagi UMKM di kecamatan Manggal kota Makassar. | Merahnews.com - Asri

MERAHNEWS.COM | MAKASSAR — Tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Hasanuddin (Unhas) menyelenggarakan Workshop / Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Keuangan Bagi UMKM di kota Makassar khususnya di kecamatan Manggala, Rabu (8/8/2018).

Pelatihan yang berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Manggala Kotamadya Makassar ini diikuti oleh 50 peserta dari UMKM dalam wilayah kecamatan Manggala Kota Makassar.

Acara ini dibuka oleh Kepala Seksi(Kasi) Perekonomian, Pembangunan dan PSMI, Andi Mulfarianti , S.STP., MAP mewakili Camat Menggala yang berhalangan hadir.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kasi Perekonomian, Pembangunan dan PSMI, Andi Mulfarianti , S.STP., MAP, Camat Manggala mengaku kegiatan Pelatihan / Workshop Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Keuangan bagi UMKM sangat diperlukan dan dibutuhkan oleh pemilik / pengelola UMKM di kecamatan Manggala demi meningkatkan kinerja keuangannya.

“UMKM yang membuka usaha berbagai bidang di kecamatan Manggala ini cukup besar jumlahnya sehingga kegiatan seperti ini sangat membantu para pengelola UMKM agar dapat bertumbuh dan berkembang yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya di Kecamatan Manggala.” tandas Camat Manggala

Sementara itu, Ketua Tim Program Pengabdian Masyarakat Unhas (LP2M) Unhas, Dr. Asri Usman, SE., M.Si., Ak.,CA mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dan merupakan wujud tanggungjawab Unhas sebagai Institusi pendidikan yang terus melakukan perbaikan yang berkelanjutan di tengah perkembangan yang terjadi di masyarakat dan persaingan bisnis/usaha di kota Makassar khususnya di Kecamatan Manggala.

Pada pertemuan dengan camat dan staf kecamatan Manggala sebelum pelaksanaan pelatihan dirumuskan dan disepakati bahwa peningkatan kapasitas pengelolaan keuangan bagi UMKM sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja keuangan UMKM.

Salah seorang peserta Pelatihan, Ibu Musrika yang juga pengelola UKM Rumah Kreasi Ceceng mengaku kegiatan ini sangat membantu para pengelola UMKM untuk meningkatkan kinerjanya melalui pengetahuan yang diperoleh dalam pelatihan ini khususnya cara mencatat transaksi-transaksi yang terjadi dalam usahanya sampai menyusun laporan keuangan UMKM. Merahnews.com | MMM