Pemda Wakatobi Libatkan Unhas Susun Revisi RTRW Tahun 2012-2032

oleh
Wakil Rektor Unhas Bidang Perencanaan, Keuangan dan Infrastruktur, Prof.Dr.Ir Sumbangan Badja, M.Phil

MERAHNEWS.COM | WANGI-WANGI — Perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Wakatobi dalam menyusun Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Wakatobi terbilang sangat serius.

Buktinya, untuk menyusun Revisi Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Walakatobi  Tahun 2012-2032, Pemerintah Daerah Kabupaten Wakatobi harus melibatkan Universitas paling top di kawasan Timur Indonesia yaitu  Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Penyusunan Revisi Rencana Tata Ruang (RTRW) Kabupaten Wakatobi Tahun 2012-2032 kini memasuki Tahap Seminar Akhir. Seminar Akhir Revisi RTRW Kabupaten Wakatobi ini diselenggarakan di Villa Nadilla Kecamatan Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi, Kamis (30/8/2018).

Acara Seminar Akhir RTRW Kabupaten Wakatobih Tahun 2012-2032 ini dibuka langung oleh Asisten Tata Pemerintahan dan Kesra (Asisten 1) Sekretariat Daerah Kabupaten Wakatobi, H Kamalu mewakili Bupati Kabupaten Wakatobi dan dihadiri oleh Wakil Rektor Unhas Bidang Perencanaan, Keuangan dan Infrastruktur, Prof.Ir Sumbangan Badja, Ph.D, Tim Ahli Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unhas yang diketuai oleh Prof.Dr.Ir. Budimawan, DEA, para Kepala OPD, Camat dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Wakatobi.

Bupati Wakatobi dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten 1 Sekretariat Daerah Kabupaten Wakatobi, H Kamalu menegaskan bahwa Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten atau RTRW Kabupaten merupakan arahan kebijakan dan strategi pemanfaatan ruang wilayah kabupaten.

Dalam Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang dijelaskan bahwa RTRW Kabupaten Berjangka Perencanaan 20 Tahun dan ditinjau kembali setiap 5 (lima) tahun dan akan terus ditinjau dan dievaluasi

“Sekarang RTRW Kabupaten Wakatobi sudah memasuki usia ke-5. Jadi sudah saatnya direvisi,” Ujar H Kamalu.

RTRW Wakatobi, RTRW kabupaten Wakatobi Tahun 2012-2032
Sejumlah Pimpinan OPS, Camat dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Wakatobi menghadiri Seminar Akhir Penyusunan Revisi RTRW Kabupaten Wakatobi Rahun 2012-2032 yang diselenggarakan di Villa Nadilla di kecamatan Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi, Kamis (30/8/2018) Merahnews.com-Mul

Revisi atau Evaluasi dan peninjauan kembali RTRW ini kata H Kamalu perlu dilakukan secara berkala karena bagi wilayah-wilayah yang cepat berkembang, selalu terjadi perubahan-perubahan atau ketidaksesuaian (Bias) atau telah terjadi penyimpangan yang mendasar antara rencana dengan kenyataan yang terjadi di lapangan baik karena faktor eksternal seperti perubahan atau penyempurnaan atauran / sistem penataan ruang dan perubahan kebijakan maupun faktor internal seperti perubahan fisik wilayah dan perkembangan aktivitas masyarakat.

Sementara itu, Rektor Universitas Hasanuddin yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan dan Infrasruktur, Prof.Ir Sumbangan Badja, Ph.D dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada pihak Kabupaten Wakatobi yang telah memberi kepercayaan kepada Unhas untuk terlibat dalam penyusunan Revisi RTRW Kabupaten Wakatobi Tahun 2012-2032.

Menurut Prof Sumbangan Badja, Keputusan Pemda Wakatobi untuk melibatkan Unhas dalam penyusunan Revisi RTRW merupakan keputusan yang tepat karena Unhas memiliki banyak sumberdaya yang handal di bidangan Perencanaan Tata Ruang Wilayah.

“Unhas sekarang menduduki peringkat ke-8 dari seluruh perguruan tinggi di seluruh Indonesia dan merupakan Universitas terbaik di luar Pulau Jawa,” Ujar Prof Sumbangan Badja.

Prof Sumbangan Badja mengaku telah berusaha semaksimal mungkin membantu menyusun revisi RTRW Kabupaten Wakatobi tahun 2012-2032 dengan melibatkan sejumlah pakar di bidangnya masing-masing sperti pakar perencanaan tata ruang, pakar ekonomi, pakar wilayah pesisir, pakar pertanian, pakar ekonomi, pakar sosial budaya dan sebagainya.

Penyusunan Revisi RTRW Wakatobi Tahun 2012-2032 diketuai langsung oleh Prof.  Dr. Ir Budimawan, DEA. Prof. Budimawan merupakan alumnus salah satu universitas ternama di Prancis. TALOMBONEWS.COM | MUL