Halal Bi Halal di Kompleks Griya Mulia Asri Biringkanayya Perkuat Silaturahim Warga

oleh
Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, perayaan Halal bi Halal tahun ini jauh lebih meriah, tidak hanya melibatkan warga kompleks, tetapi juga melibatkan warga dari RW lain sekitar. Foto: Jumardi Lanta

MERAHNEWS|MAKASSAR –Untuk mempererat silaturahim antarasesama, memanfaatkan mokentum perayaan Idul Adha 1439 H, warga Kompleks Griya Mulia Asri (GMA), Kelurahan Pai, Kecamatan Biringkanayya, Makassar, Rabu malam (22/8/2018).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, perayaan Halal bi Halal tahun ini jauh lebih meriah, tidak hanya melibatkan warga kompleks, tetapi juga melibatkan warga dari RW lain sekitar. Turut hadir pula Plt Camat Biringkanayya, Mahyuddin, mewakili Walikota Makassar yang awalnya diagendakan hadir dalam kegiatan tersebut.

Mahyuddin dalam sambutannya mengapresiasi kinerja pengurus RT dan warga kompleks GMA yang selama ini mampu menciptakan lingkungan yang tertata rapi, bersih dan asri dengan tanaman yang terawat, berkat kerja sama antarwarga.

Mahyuddin juga mengingatkan pentingnya menjaga lingkungan dari ancaman kebakaran, seiring dengan maraknya kejadian kebakaran dalam seminggu terakhir.

Kegiatan ini juga diisi dengan tauziyah dari Ketua MUI Kec. Biringkanaya, Ustadz H. Abd. Rauf Lc. MA yang menjelaskan makna silaturahmi sesuai tuntunan Al Quran.

“Secara kolektif manusia harus berpegang teguh pada agama Allah saling membantu satu dengan yang lain dengan cara saling mengingatkan tentang kebaikan termasuk mengingatkan jika ada yang berbuat kesalahan,” ujarnya.

Dikatakan Rauf bahwa untuk membangun silaturrahim maka dibutuhkan kesungguhan termasuk berkurban sebagai salah satu bentuk memperkuat silaturrahim, dengan cara membagikan daging kurban kepada fakir miskin, tetangga atau keluarga.

Di akhir ceramahnya, Rauf mengharapkan agar silaturrahim antar warga tanpa memandang, agama, suku dan latar belakang sosial semakin ditingkatkan agar tercapai kerukunan antar warga.

Pada perayaan Idul Adha tahun ini, jumlah sapi yang dikurbankan warga Kompleks GMA sebanyak sebanyak 11 ekor sapi dari 77 warga. Acara penyembelihan sapi dilakukan seusai pelaksanaan salat Ied di depan Masjid Raudhatul Jannah, Rabu (22/8/2018).

Jumardi Lanta, salah seorang pengurus kurban setempat menjelaskan bahwa sebanyak 420 kg daging kurban dibagi ke warga kompleks, keluarga warga yang berkurban, dan 4 panti asuhan yang ada di Kecamatan Biringkanayya.*

MERAHNEWS.COM| Wahyuch