Melalui Komik, Mars Perkenalkan Budidaya Kakao ke Generasi Muda

oleh
Arie Nauvel Iskandar, Corporate Affairs Head Mars Indonesia menjelaskan kondisi perkakaoan di Indonesia saat ini dan pentingnya mengajak generasi muda untuk menjadi petani kakao yang memiliki prospek yang bagus di masa mendatang. Foto: Wahyu Chandra.

MERAHNEWS.COM | Makassar – Indonesia terancam krisis petani, di mana generasi muda sebagian besar tak lagi tertarik bekerja di sektor pertanian, dan lebih memilih bekerja di kota. Kondisi ini menjadi salah satu kekhawatiran PT Mars Indonesia, salah satu produsen kakao di Indonesia yang telah lama berkiprah untuk pendamping petani di Indonesia.

Kondisi ini menuntut upaya pengenalan ke generasi muda bahwa bertani adalah pekerjaan yang menyenangkan, sehingga Mars kemudian mengagas pembuatan komik tentang pertanian kakao untuk generasi muda, sebagai suplai informasi.

“Kita ingin menarik perhatian para pemuda agar mereka bisa tertarik menjadi interpreneur di bidang kakao,” ungkap Arie Nauvel Iskandar, Corporate Affairs Head Mars Indonesia dalam peluncuran komik berjudul “Menyemai Masa Depan di Kebun Kakao”, di Hotel Aryaduta, Makassar, Rabu (06/06/2018).

Menurut Arie pembuatan komik ini akan mempermudah penyampaian informasi terkait kakao, jauh lebih mudah dibanding melalui buku teks dengan bahasa yang rumit.

“Kalau buku anak-anak sekarang sepertinya kurang begitu tertarik. Jadi ini untuk mempermudah saja,” katanya.

Komik berbentuk majalah full colour setebal 50 halaman ini dicetak ribuan eksemplar, yang rencananya akan disebar sekolah-sekolah, khususnya di daerah yang memiliki lahan pertanian kakao besar di wilayah Sulawesi.

Mars sendiri memiliki program yang disebut NextGen, yang ditujukan ke sejumlah SMK ke wilayah Luwu. Di sekolah inilah yang akan menjadi prioritas penyebaran komik ini.

NextGen sendiri merupakan program kerja sama antara Milenium Challenge Accoun(MCA) Indonesia, Mars Indonesia dan Swisscontact Indonesia yang fokus pada pengembangan kapasitas kaum muda di sektor pertanian, khususnya kakao. Program ini juga mendapat dukungan dari Dinas Pendidikan Sulsel melalui penandatanganan MoU pada 18 November 2018 silam.

Hal menarik dari komik ini, selain tampilan yang menarik dan bahasa yang mudah dimengerti, juga berisi informasi-informasi praktis dan penting tentang bertanam kakao.

Merahnews.com | Wahyu Chandra