Sekprov Sulsel: Jangan Buat Susah Rakyat

oleh
Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Tautoto TR, saat ditemui oleh Kabag Tatalaksana Biro Organisasi Setda Provinsi Sulsel Andi Mirna dan Provincial Advisor TRANSFORMASI-GIZ, Fadiah Machmud, di ruang kerjanya Jumat (27/4/2018).

MERAHNEWS.COM | MAKASSAR – Pemerintah hadir untuk memberikan layanan kepada masyarakat terutama dalam mendapatkan akses layanan dasar. Karena itu, masyarakat harus diberikan kemudahan dalam mendapatkan layanan publik.

Penegasan ini diungkapkan Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Tautoto TR, saat ditemui oleh Kabag Tatalaksana Biro Organisasi Setda Provinsi Sulsel Andi Mirna dan Provincial Advisor TRANSFORMASI-GIZ, Fadiah Machmud,  di ruang kerjanya Jumat (27/4/2018).

Menurutnya, reformasi pelayanan publik sangat penting karena merupakan layanan dasar bagi rakyat.

“Jangan membuat susah rakyat. Misalnya, untuk bayar pajak kendaraannya. Berikan kemudahan. Buat terobosan. Buat inovasi agar pelayanan publik menjadi lebih baik,” ujarnya.

Sebagai orang yang pernah memimpin Bapenda, Toto mengakui bagaimana pentingnya pelayanan yang cepat dan mudah. Untuk itu selalu dibutuhkan inovasi dalam memberikan pelayanan publik.

Pada kesempatan tersebut, Andi Mirna menyampaikan pelaksanaan road show inovasi yang dilakukan di 4 region se-Sulsel, yaitu di Sinjai, Pinrang, Bone dan Palopo, untuk percepatan  inovasi pelayanan publik di kabupaten/kota. Dukungan pimpinan sangat diharapkan dalam menyukseskan kegiatan ini.

Pada pertemuan tersebut juga disampaikan program kerjasama pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan TRANSFORMASI-GiZ, berupa program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam upaya mendukung pencapaian reformasi birokrasi.

Andi Mirna juga melaporkan capaian selama 4 bulan program ini berjalan, yang telah menghasilkan beberapa capaian seperti lahirnya SK Gubernur No. 89/I/2018 tentang Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP) Sulsel yang terkoneksi dengan website prov.go.id sebagai wadah saling bertukar pengetahuan.

Ini juga bagian dari pendampingan OPD dan kabupaten/kota untuk mempersiapkan inovasi pelayanan publik, sebagai wujud nyata gerakan One Agency One Innovation.

Selain itu juga program ini akan memperkuat pengelolaan Laporan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR). Merahnews.com | Wahyu Chandra