Rekrut Delegasi Debat Tingkat Nasional, Unhas Gelar NUDC

oleh
Salah satu peserta sedang membawakan argumennya pada babak Final

MERAHNEWS.COM | MAKASSAR – Dalam rangka penetapan delegasi Lomba Debat Bahasa Inggris 2018, Pihak Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan seleksi debator yaitu NUDC (Nasional University Debating Championship).

Kegiatan yang diselenggarakan di Lantai Dasar Gedung Rektorat Universitas Hasanuddin yang berlangsung selama 2 hari, yakni pada tanggal 21-22 April 2018, dan diikuti oleh 20 tim yang berasal dari berbagai fakultas di Universitas Hasanuddin.

Setelah melewati enam babak dengan masing-masing tiga babak penyisihan dan tiga babak eleminasi (pre-semi final, semi final, dan final), kegiatan ini menobatkan Muhammad Haykal dan Alifah Ummu Zakiyyah sebagai juara pertama, Khairulbariyah dan Muh. Firmansyah Wallena sebagai juara kedua.

Setelah penetapan tersebut, Dr Ir. Abdul Rasyid Jalil, M.Si selaku Wakil Rektor 3 dan sekaligus penyelenggara kegiatan ini mengungkapkan bahwa masih ada seleksi yang akan diikuti oleh para debator sebelum menjadi delegasi di tingkat regional, yang nantinya akan terus berlanjut hingga ke tingkat nasional.

Berbeda dari tahun sebelumnya, peserta NUDC tahun ini lebih kompetitif dan lebih variatif terbukti dengan banyaknya perwakilan fakultas di Universitas Hasanuddin yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Sehingga banyak pula indikator pencapaian dari para juri terkait penilaian peserta lomba ini.

“Jadi hal yang pertama dinilai adalah argumentasinya; Bagaimana mereka menyampaikan ide-ide dan landasan logisnya serta contoh yang diberikan, dan relevansi terhadap mosi yang dipertanyakan. Selain itu pasti (dinilai) juga metodenya apakah jelas cara pengucapannya, terstruktur, dan intinya pasti mannernya,” tutur Ikhsanul Amal Tajjudin selaku juri NUDC 2018.
Merahnews.com | Eka Wahyuni Pratiwi/Andi Feninda Amalia Syahbani