Tips Membersihkan Rumah

oleh
Ilustrasi membersihkan rumah
Ilustrasi membersihkan rumah

MERAHNEWS.COM — Membersihkan rumah tentu menjadi aktifitas sehari-hari. Tetapi, ada kalanya perlu waktu khusus untuk membersihkan rumah secara keseluruhan, misalnya diakhir pekan. Lalu apa saja sih yang biasanya perlu dibereskan atau dibersihkan dalam aksi bersih-bersih diakhir pekan? Seperti yang dikutip di Muslimahzone.com berikut tipsnya:

  1. Mulailah dari kamar mandi. Karena rumah yang sehat, salah satu cirinya adalah kamar mandi yang bersih. Membersihkan kamar mandi ini relatif waktunya. Bisa satu pekan sekali, 2 atau 3 pekan sekali.
  2. Sebelum menyapu dan mengepel lantai, baiknya dimulai dahulu untuk membersihkan perabotan rumah tangga. Seperti lemari pakaian, lemari/rak sepatu, lemari makanan, meja, dan lain-lain. Bersihkan debu-debu yang menempel dengan lap kering, kemudian dengan lap basah. Keluarkan atau pisahkan barang-barang yang sudah tidak terpakai di dalam lemari/rak. Rapikan kembali barang-barang di dalam lemari atau rak setelah dipisahkan dari barang-barang yang tidak diperlukan.
  3. Jika anda ingin membersihkan kasur, anda bisa menggunakan vacuum cleaner atau sapu lidi (cara tradisional) untuk membersihkan debu-debu di atasnya. Jika perlu, anda bisa menjemurnya beberapa saat di bawah sinar matahari (cara tradisional).
  4. Jika di rumah terdapat kursi, anda dapat mengubah posisi kursi menjadi berbeda. Sehingga bisa merefresh suasana rumah.
  5. Setelah membersihkan dan merapikan perabotan rumah, pastikan barang-barang atau benda atau sampah yang telah dipisahkan disimpan pada tempatnya, sebelum anda memulai menyapu dan mengepel lantai.
  6. Bersihkan kaca rumah yang rentan kotor terkena debu atau cipratan air hujan yang meninggalkan bekas. Sehingga dengan membersihkan kaca, rumah dapat terlihat lebih indah. Gunakanlah lap basah terlebih dahulu (bisa ditambah cairan pembersih kaca) sebelum lap kering. Membersihkan kaca ini tidak hanya satu sisi saja. Sisi dalam rumah dan sisi kamar harus sama-sama dibersihkan agar terlihat bersih.
  7. Setelah memastikan perabotan rumah, termasuk di dapur, telah bersih dan rapi. Anda dapat memulai aksi menyapu lantai. Anda bisa menggunakan vacuum cleaner atau sapu biasa. Setelah  disapu, lantai baiknya dibersihkan dengan mengepelnya (bisa ditambahkan pewangi lantai agar wangi).
  8. Setelah dalam rumah tertata rapi dan lantai telah bersih kembali, saatnya untuk membersihkan bagian luar rumah. Bersihkan pelataran rumah dengan menyapu dan mengepel lantainya. Jika anda memiliki tanaman hias, maka siramlah dan berilah pupuk jika perlu dan tempatkan mereka di tempat yang dapat terlihat oleh matahari. Kemudian anda bisa mengubah posisi penempatan mereka agar rumah terlihat seperti baru. Ada berbagai cara membersihkan rumah tergantung bagimana tipe rumahnya. Namun pastikanlah rumah selalu terlihat bersih. Meski sederhana, jika rumah bersih dan rapi akan membuat nyaman. Merahnews.com | Muhammad Rifqi/Haeril Anwar