Pambusuang Siap Gelar Perpustakaan Rakyat Sepekan

oleh -30 views

MERAHNEWS.COM | MAKASSAR  — Jika berbicara tentang hajatan kampung, yang terlintas di pikiran kita adalah acara bertema tradisi serta lekat dengan aktifitas makan besar. Namun, beda halnya di desa Pambusuang, sejak 2012, desa yang juga merupakan desa penghasil kain tenun saqbeq Mandar ini mengadakan kegiatan lapakan baca yang digelar oleh masyarakat.

Sejak tahun 2014, lapakan baca yang biasanya digelar di sekitaran Masjid Taqwa Pambusuang ini beralih nama menjadi Perpustakaan Rakyat Sepekan. Lapakan ini juga ditangani oleh armada pustaka Mandar. Dipelopori oleh Dahri Dahlan, seorang dosen di Universitas Mulawarman, kegiatan ini akan kembali dilaksanakan untuk kali kelima pada 20 – 26 April mendatang. Sejak berdirinya Nusa Pustaka pada 2016, praktis seluruh kegiatan ini berkiblat pada perpustakaan yang dibangun dengan dana swadaya ini.

Menurut Dahri Dahlan, kegiatan ini diadakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan bahan bacaan. Utamanya di zaman sekarang, perpustakaan harusnya juga bisa berimprovisasi dalam operasionalnya, entah dengan mendatangi pembacanya seperti yang sedang marak sekarang, atau dengan mengadakan kegiatan seperti perpustakaan rakyat sepekan ini.

Kegiatan yang dilaksanakan seminggu ini bukan hanya menyuguhkan buku yang bebas dibaca oleh masyarakat. Namun juga menampilkan acara diskusi yang dibawakan oleh beberapa narasumber serta adanya panggung ekspresi. Merahnews.com | Andi Maharani Rafiah/M. Yahya Alkautsar