Mahasiswa Unhas Mengukir Prestasi di Global Ideapreneur Week Malaysia

oleh -109 views

MERAHNEWS.COM | MAKASSAR – Tiga tim dari Universitas Hasanuddin berhasil lolos ke babak Grand Final Global Ideapreneur Week 2018 di Malaysia. Salah satu tim berhasil menduduki peringkat 19 besar dan membawa pulang hadiah. Acara tahunan ini diselenggarakan oleh Studec International bekerja sama dengan Malaysian Global Innovation and Creativity Centre (MaGIC) pada 3-5 April 2018 lalu.

Mereka adalah mahasiswa dari Fakultas Teknik, yaitu Suci Wulandari, Safirah Setia Budi dan Andi Siti Junisah Faradikah. Tim dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, yakni Muhammad Hajrani Basman, Nurfhadila Utami Husain dan Iryani Rusdi. Serta tim dari Fakultas Ilmu Budaya yakni Yusra Yulianti dan Suci Reski Wijaya Sr.

Ketiganya berhasil melaju ke babak Grand Final bersama 40 tim lainnya mengalahkan 400 grup yang telah gugur pada seleksi sebelumnya. Tim dari FT Unhas dengan ide Aplikasi Kostumisasi Furniturnya berhasil menduduki peringkat ke-19 dan memperoleh penghargaan.

Tim dari FKM sendiri tampil memaparkan ide “DIA.co” sebagai wadah untuk generasi muda yang tertarik dalam bidang wirausaha. Mereka dapat membangun bisnis secara mandiri dengan memanfaatkan beberapa aktivitas yang disediakan, seperti traning, choaching, dsb. Platform ini juga mendukung generasi muda untuk mengembangkan usaha kecil-kecilan yang telah mereka miliki.

Sedangkan tim dari FIB mengusung ide “Soulawesi” untuk mengangkat nilai kultural dari kain khas kota asal mereka dengan cara memadukannya sedemikian rupa, hingga menjadj produk siap pakai seperti tas, dompet hingga tempat parfum dan make up.

“Kami ingin menjadikan jiwa para pemuda Sulsel ikut serta dalam platform pengenalan budaya. Karena generasi yang paling banyak itu anak muda dan budaya takkan pernah mati untuk generasi selanjutnya di masa depan.” Ujar mereka.

Selain presentase ide dan penganugrahan hadiah, para peserta yang lolos ke tahap grand final juga dibekali dengan kegiatan Start Up Conference bersama pembicara internasional dan Coaching Session bersama Start-Up Mentor untuk pembimbingan bisnis terhadap ide produk mereka.

“Ini adalah pengalaman yang luar biasa dapat bertemu orang-orang dari latar belakang berbeda dan membangun relasi dengan teman-teman baru.” Ujar Yusra Yulianti, salah satu peserta Tim FIB, saat di wawancarai sepulangnya dari Malaysia, Rabu (12/3/2018). MERAHNEWS.COM | Amalia Fildzah Adhani/Tita Agusti