Orasi Ilmiah yang Disampaikan Andi Patimbangi di Wisuda Sarjana STAI Al-Furqan

oleh
orasi ilmiah, wisuda saraja, stai al-furqan makassar, andi patimbangi

MERAHNEWS.COM | MAKASSAR — Sebanyak 102 mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Furqan Makassar diwisuda pada hari Sabtu (06/01) di Aula STAI Al-Furqan, Makassar.

Tema yang diusung dalam wisuda sarjana angkatan XIII periode 2017/2018 yaitu Penguatan Karakter Bangsa Melalui Revitalisasi Pendidikan di Peguruan Tinggi.

Dalam acara ini, Andi Patimbangi,S. Pd., M. Pd menyampaikan orasi ilmiahnya terkait tema yang diangkat pada wisuda sarjana angkatan XIII periode 2017/2018. Dalam mengawali orasi ilmiahnya, ia mengutip pernyataan Anies Baswedan.

“Sebenarnya sekarang pertanyaan mengenai cita-cita kepada peserta didik itu sudah tidak cocok lagi, kanapa? Karena mungkin profesi yang ia jawab pada saat itu tidak ada lagi pada tahun-tahun yang akan datang. Misalnya dulu saya bercita-cita menjadi tukang ketik dengan menggunakan mesin ketik, ternyata sekarang tidak ada. Sehingga pertanyaannya yang harus diganti. Jadi apa pertanyaannya? Kita harus bertanya kepada lulusan kita, apa yang akan anda perbuat kelak,” tutur Andi Patimbangi.

Andi Patimbangi juga menjelaskan ada 3 hal yang harus dimiliki oleh mahasiswa dan lulusan sarjana yaitu karakter, kompetensi dan keterbukaan wawasan. Menurutnya, paradigma mengenai baca, tulis, hitung saat ini sudah tidak cukup lagi, maka dari itu harus ada literasi buku, literasi budaya, literasi teknologi dan literasi-literasi lainnya. Merahnews.com | Nur Hikma / kiki amelya syari