Berkunjung ke Rumah Kepemimpinan Makassar

oleh

MERAHNEWS.COM | MAKASSAR – Rumah Kepemimpinan terletak di daerah Perintis Kemerdekaan tepatnya di BTN Antara Makassar. Di depan asrama ini terdapat plat bertuliskan PPSDMS atau Program Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Strategis. Asrama ini sendiri berlantai dua dengan fasilitas wifi, kamar tamu, kamar peserta, dapur hingga ruang belajar yang disiapkan.

Di tempat inilah sebanyak 25 mahasiswa aktif unhas angkatan 2014/2015 dibentuk dan dibina langsung oleh superviser dan manajer Regional serta pantuan langsung dari Pusat Jakarta. Rumah Kepemimpinan sendiri merupakan beasiswa aktif berprestasi yang berada di 7 Regional di Indonesia yaitu Regional 1 Jakarta (Universitas Indonesia), Regional 2 Bandung (Universitas Padjajaran dan Institut Teknologi Bandung), Regional 3 Jogjakarta (Universitas Gajah Mada), Regional 4 Surabaya (Universitas Airlangga dan Institut Teknologi Sepuluh November), Regional 5 Bogor (Institut Pertanian Bogor), Regional 6 Medan (Universitas Sumatera Utara), dan Regional 7 Makassar (Universitas Hasanuddin).

Selama dua tahun, 25 peserta ini dibentuk dengan berbagai program seperti Apel Pagi, Dialog Tokoh, Dialog Pasca Campus, Taekwondo, Kajian Islam Kontemporer serta masih banyak lagi. Sistem Rumah Kepemimpinan sendiri bersifat drop out atau di setiap semesternya akan dilakukan evaluasi dan ketika tidak mencapai standar akan dikeluarkan dan diganti oleh mahasiswa lainnya. Standar itu sendiri cukup banyak mulai dari Prestasi, Aktivitis Organisasi, Muslim Produktif.

Jadi tidak heran jika mahasiswa Unhas yang menjadi peserta Rumah Kepemimpinan merupakan orang strategis di kampus merah di antaranya Dirga mahasiswa Ilmu Pemerintahan yang menjabat ketua UKM KPI Unhas, Rizky mahasiswa Teknik Informatika yang merupakawan juara 3 Mawapres Unhas 2017, Khalil mahasiswa Ilmu Komputer peraih medali perak Pimnas UMI 2017, Auzan mahasiswa Ilmu Hukum sebagai Duta Genre Nasional 2017 dan masih banyak lagi. Semuanya tersebar dalam banyak klaster seperti akademisi, NGO hingga Entrepreneur.  Dibidang usaha sendiri, terdapat nama Fadil Ihsan mahasiswa Ilmu Komunikasi sebagai owner Kar Waafy, Akbar mahasiswa Akuntasi sebagai founder Khalifa Institut serta bidang lainnya.

“Sekarang udah memasuki Angkatan 9 dan sedang dalam penerimaan peserta baru untuk angkatan 2016/2017”, Ungkap Furkan Manajer Rumah Kepemimpinan Makassar. Para peserta di sini tiap bulannya diberi uang saku hingga Rp.500.000 yang dipersiapkan untuk menjadi pemimpin-pemimpin masa depan Indonesi yang lebih baik dan bermartabat. “Sejatinya pemimpin itu dibentuk, bukan dilahirkan begitu saja” kata Fadil Ihsan salah satu peserta. Merahnews.com | Fadil Ihsan / Aziziah Diah Aprilya