Usaha Kuliner Jepa Mandar Mampu Mendongkrak Perekonomian Warga

oleh -104 views
kuliner, jepa mandar, usaha kuliner

MERAHNEWS.COM | SULBAR — Di desa Onang Selatan, Kecamatan Tubo Sendana, kabupaten Majene, Sulawesi Barat telah menjamur usaha kuliner tradisional asal suku Mandar yaitu Jepa. Hampir di sepanjang jalan Trans Sulawesi kecamatan Tuboi Sendana menjual makanan khas ini. Jepa merupakan makanan pokok orang terdahulu yang terbuat dari ubi kayu berbentuk bundar dan pipih, banyak yang menyebutnya sebagai pizza mandar.

Makanan ini telah dijadikan sebagai usaha rumahan ibu-ibu rumah tangga di desa tersebut. Salah satunya keluarga ibu Sittiria yang memiliki 8 orang anak.  Ibu 8 anak ini mengaku sejak dia merintis usaha kuliner Jepa Mandar, dia mampu menyekolahkan semua anaknya yang berjumlah 8 orang dan mampu menutupi serta membantu beban ekonomi keluarga dalam satu tahun terakhir. Suaminya yang berprofesi sebagai nalayan dinilai kurang mampu menopang kehidupan sehari-hari.

Di dalam pembuatan Jepa ini terbalut konsep kehidupan orang Mandar yang berdiam di Sulawesi Barat yaitu Siballi Parri, yang dapat diartikan sebagai konsep saling mendukung dalam kehidupan berkeluarga, hal ini menyebabkan usaha pembuatan jepa dapat mendongrak perekonomian warga.

Makanan berbentuk pizza ini masih terjaga kearifan lokalnya hingga saat ini. Ibu rumah tangga yang menjadikan makanan ini sebagai usaha rumahan, memasak makanan ini masih menggunakan alat tradisional yang disebut penjepang atau alat cetakan yang terbuat dari tanah liat bentuknya menyerupai piring, proses masaknya pun dipanggang diatas bara api. Rasanya yang tawar dan gurih sangat cocok disantap dengan ikan masak ala Mandar sehingga tidak jarang orang-orang menyukai makanan ini dan menjadi makanan khas kegemaran orang Mandar. Merahnews.com | Sari Wahyuni / kiki amelya syari