Laju Inflasi Bulukumba Terendah di Sulsel dan Terendah Keempat Nasional

oleh
inflasi sulsel, indeks harga konsumen, Tim Pengendali Inflasi Daerah

MERAHNEWS.COM | BULUKUMBA — Akhir tahun 2107, laju inflasi Bulukumba menempati posisi terendah di Sulawesi Selatan sebesar 0,30 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 136,3. Bulukumba sendiri, termasuk daerah ke 4 dengan inflasi terendah secara nasional di bawah Kota Sorong, Lampung dan Manokwari.

Hal ini berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan yang merilis angka inflasi Provinsi Sulawesi Selatan per Desember 2017. Menurut Kepala BPS Sulsel, Nursam Salam dalam press rilisnya, Selasa (2/1), Desember 2017 Sulsel mengalami inflasi dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 131,29.

 inflasi sulsel, indeks harga konsumen, Tim Pengendali Inflasi Daerah
Salah satu dari tim TPID melakukan pemantauan di pasar jelang natal. MERAHNEWS.COM – HUMAS BULUKUMBA

“Dari 5 kota IHK di Sulsel, semua kota tercatat mengalami inflasi dengan lnflasi tertinggi di Parepare sebesar 1,11 persen dengan IHK 126,28. Kemudian dari kenaikan inflasi sebesar 1,04 persen, ikan bandeng menyumbang angka inflasi sebesar 0,1439,” kata Nursam Salam

Nursam merinci, inflasi Sulsel di angka 1,04 persen tersebut berada di atas nasional sebesar 0,71 persen, meski Sulsel pernah mengalami deflasi pada September lalu. Inflasi di Sulsel pada Desember 2017, lanjut Nursam disebabkan oleh naiknya harga pada semua kelompok pengeluaran yang ditunjukkan oleh naiknya indeks harga pada kelompok bahan makanan sebesar 2,59 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau 0.17 persen.