Hias Telur Warnai Maulid Nabi

oleh

MERAHNEWS.COM | BULUKUMBA – Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tingkat Kabupaten Bulukumba dirangkai dengan lomba hias telur antar unit kerja, yang diikuti organisasi perangkat daerah, sekolah, maupun kecamatan. Ratusan telur menghiasi peringatan maulid yang dilaksanakan di Masjid Agung Kabupaten Bulukumba, Rabu (6/12/2017).

Peringatan maulid yang diselenggarakan oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) menghadirkan penceramah hikmah maulid dari pimpinan Pondok Pesantren Al-Ikhlas Bone, Dr. KH. Lukman Arake, MM.

Bupati Bulukumba yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Andi Syamsul Mulhayat menyampaikan terima kasih atas penyelenggaraan maulid tersebut. Menurutnya

Peringatan maulid sebagai upaya untuk merenungkan nilai-nilai luhur, menghadirkan keteladanan Nabi Muhammad dalam kehidupan kita, serta menyemarakkan syi’ar islam di Kabupaten Bulukumba.

Melalui peringatan maulid Nabi Muhammad, kata Syamsul Mulhayat diharapkan dapat memupuk jiwa untuk berakhlak yang mulia, dan menyebarkan nilai-nilai kebajikan dan kemanusiaan yang diteladankan oleh Rasulullah.

Sementara itu KH. Lukman Arake mengatakan, Rasulullah adalah seorang pejabat tinggi, ilmuwan, hartawan, namun kesemuanya itu bukan penyebab Rasulullah menjadi mulia di sisi Allah SWT. Namun yang menyebabkan Rasulullah menjadi mulia oleh karena akhlaknya, baik kepada tuhannya maupun kepada manusia dan makhluk lainnya.

“Makanya dalam alquran ditegaskan, Allah mengatakan, sungguh engkau Muhammad adalah pemilik akhlak yang mulia,” kata Lukman Arake.

Pada kesempatan tersebut, KH Lukman Arake juga menyebut jika Rasulullah memiliki nasionalisme yang tinggi. Ia menceritakan sejarah Rasulullah jika setiap perjalanan kembali ke Madinah yang menggunakan onta, ia turun sejenak saat sudah melihat kota Madinah untuk memberikan penghormatan. Perilaku tersebut, tambahnya menandakan bahwa Rasulullah punya nasionalisme baik terhadap daerahnya, makanya hal tersebut patut dicontohi.

Di akhir acara, panitia pelaksana mengumumkan pemenang lomba hias telur dengan Juara I SMP Negeri 2 Bulukumba, Juara II Dinas Pariwisata, dan Juara III Kantor Kementerian Agama Bulukumba. merahnews.com | Ayatullah