Upaya Pemanfaatan Potensi Ikan Air Tawar

MERAHNEWS.COM | ENREKANG – Dosen Universitas Hasanuddin yang dipimpin oleh Dr.Sukri Tamma M.Si., beranggotakan Prof.Dr.Ir.Hj.Sutinah Made,M.Si., Ria Renita Abbas,S.Sos.,M.Si., dan Seniwati,Ph.D. melakukan kegiatan pengabdian di Desa Malua Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang pada tanggal 30 Agustus-1 September 2017. Kegiatan tersebut didukung oleh LP2M Unhas.

Kegiatan ini bertujuan memaksimalkan upaya pemanfaatan potensi ikan air tawar di wilayah tersebut. Pada kegiatan pengabdian ini, tim pengabdian memberikan 1000 benih ikan kepada para nelayan di Desa Mulua. Dengan pemberian benih ikan ini diharapkan lembaga lokal yang mengelola kawasan tempat pemijahan ikan dapat menghasilkan produksi yang semakin meningkat.

Pada kegiatan ini, juga dilakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya memaksimalkan peran lembaga local khususnya melakukan manajemen dan penataan program kerja  serta strategi dalam menentukan target yang lebih efisien. Kegiatan sosialisasi ini juga meminta kepada pemerintah local untuk terus memberikan dukungan terutama dalam bentuk permodalan sehingga dapat mendorong peningkatan hasil dan mutu perikanan air tawar.

Perlunya pembagian atau pendistribusian tanggung jawab dan wewenang antara pemerintah dan masyarakat sangat diperlukan dalam mengelola sumber daya perikanan. Sektor perikanan dapat menjadi sumber utama Penerimaan Asli Daerah (PAD) jika dimaksimalkan penanganan manajemennya dan pemasaran produksinya. Tim pelaksana lebih lanjut memberikan penjelasan tentang pentingnya memfokuskan perhatian pada manajemen pengolalan sumber daya perikanan khususnya air tawar untuk mewujudkan pembangunan yang merata berbasis masyarakat desa. merahnews.com

Baca  Unhas Tertinggi Produksi Guru Besar